Ragam Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Dinilai Lambat

Deskripsi Artikel:

Saat laptop dirasa sudah tidak nyaman digunakan, kebanyakan orang memilih untuk menggantinya. Padahal, masalah tidak nyaman dapat diselesaikan dengan mudah. Dengan catatan, telah mengetahui apa yang menjadi masalah utama laptop tersebut. Jika laptop dirasa lambat, maka cara mempercepat kinerja laptop yang dapat dijadikan solusinya. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Kinerja laptop yang melambar, sebenarnya disebabkan oleh banyak hal. Untuk itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apakah yang menjadi masalah utama dari laptop menjadi lambat. Sehingga cara mempercepat kinerja laptop windows 7 dan jenis lainnya ini dapat berjalan dengan maksimal. Penasaran dengan cara melakukannya? Anda akan mengetahuinya dengan menyimak informasi ini.

8 Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar kinerja laptop dapat kembali seperti semula atau lebih baik. Pilihlah cara mana yang dapat membantu anda dan mudah dilakukan. Berikut ulasannya,

Menghapus File Tidak Penting

Cara termudah yang dapat dilakukan adalah menghapus data-data tidak penting. Contohnya data-data yang sudah dimasukkan dalam reycle bin namun belum benar-benar terhapus. Untuk itu, penting melakukan penghapusan secara total agar tidak membuat kinerja laptop melemah. Selain itu periksa kembali cache yang mungkin tersisa dalam laptop.

Caranya dengan memeriksa setiap aplikasi yang dimilikki. Pemeriksaan ini penting dilakukan secara berkala, utamanya untuk aplikasi-aplikasi yang sering digunakan. Hal ini akan membantu untuk mengembalikan kinerja laptop agar lebih optimal. Pemeriksaan ini dapat dilakukan secara berkala, utamanya saat anda mulai merasa laptop tidak dalam kinerja optimal.

Uninstall Program

Tidak banyak yang sadar bahwa beberapa aplikasi dalam laptopnya adalah aplikasi yang boros. Dalam hal ini memakan banyak tempat di laptop dan membuat kinerja laptop berjalan lambat. Jika hal ini terjadi, tentunya cara mempercepat kinerja laptop dibutuhkan. Salah satunya adalah mengunistall program tersebut dan membuat laptop kembali seperti sediakala.

Cara melakukan uninstall program, dirasa cukup mudah dilakukan. Namun, anda harus mengetahui di manakah meletakkan file dari aplikasi tersebut. Sehingga lebih mudah dalam pencariannya. Setelah menemukannya cukup klik kanan dan lakukan uninstall pada aplikasi, perhatikan pula adakah data yang tersisa. Jika iya, lakukan penghapusan secara permanen.

Install Anti Virus

Laptop maupun PC adalah sasaran empuk bagi seluruh pencipta virus di dunia. Dampak terburuk dari masalah ini adalah pencurian data hingga hal buruk lainnya. Dalam upaya mencegah terjadinya hal ini, ada baiknya anda melakukan instalasi anti virus. Pilihlah, anti virus mana pun yang dirasa mampu untuk membantu kinerja laptop melambat.

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa kinerja laptop dapat melambat karena adanya virus dalam laptop. Malware dan spyware juga dapat menjadi penyebab terjadinya masalah ini dan merusak file yang ada dalam laptop. Tidak ingin hal ini terjadi bukan? Sebaiknya segera download anti virus terbaik dan bisa membantu mengatasi berbagai masalah dalam laptop.

Hapus Widget Tidak Penting

Dalam beberapa laptop, mungkin ditemui penggunaan widget yang berlebihan. Jika hal ini terjadi pada laptop anda, sebaiknya tidak lagi digunakan. Karena penggunaan widget berlebihan hanya akan memperlambat kinerja laptop. Lain halnya, jika memiliki laptop dengan spesifikasi mumpuni, mungkin penggunaan aneka ragam widget tidak menjadi masalah untuk kinerja laptop.

Disk Defragmenter

Penyebab lain dari kinerja laptop yang melambat adalah disk drive yang bekerja berlebihan. Maka itu, disarankan untuk menggunakan disk defragmenter sebagai solusinya. Nantinya data dapat disusun ulang. Untuk menggunakan cara ini, anda dapat menekan klik kanan dan klik drive yang ingin didefrag kemudian pilih properties, lanjutkan dengan pilih defragent now di tab tools.

Perhatikan Program Pada Startup

Banyaknya program yang dijalankan dalam startup akan membuat kinerja komputer menurun. Untuk itu, disarankan agar menonaktifkan program-program yang tidak dibutuhkan. Caranya dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini,

  • Pertama nyalakan laptop yang akan digunakan dan siapkan pada halaman utama. Nantinya, anda perlu menekan tombol Win+R, setelahnya akan dihadapkan dalam halaman baru.
  • Di halaman inilah, anda harus mengetikkan msconfig dan memilih tombol startup. Setelah menekannya, pekerjaan belum selesai. Karena harus memilah milah program mana yang tidak diinginkan. Jika sudah, lakukan uncheck pada program yang ingin dinonaktifkan.
  • Untuk memudahkan dalam menonaktifkan program yang tidak dibutuhkan, anda dapat menggunakan software Ccleaner untuk membantu. Karena aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah dan memberikan efek yang cukup cepat.

Memperbesar RAM dan Hardisk

Penyebab lain dari munculnya kinerja laptop yang lambat adalah minimnya ruang yang tersedia dalam laptop. Jika harddisk semakin penuh, maka semakin lambat pula laptop yang digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat membeli harddisk baru untuk menambah daya memori pada laptop. Jika dilakukan, tentunya kinerja laptop akan lebih mumpuni.

Selain harddisk, anda dapat memperbaiki kinerja laptop dengan menambah kapasitas RAM. Cara ini sangat tepat untuk mereka yang merupakan pecinta game dan kinerja laptop gaming mulai melambat. Untuk melakukan cara mempercepat kinerja laptop windows 7 untuk gaming pun cukup mudah, yaitu membeli RAM baru. Namun, lakukan cara ini saat anda memiliki dananya.

Custom Virtual Memory

Berikutnya, anda dapat mengatur kinerja laptop dengan mengubah virtual memory, untuk dapat melakuannya, ikutilah langkah-langkah berikut ini,

  • Masuklah dalam menu control panel. Kemudian pilihlah menu system dan security, anda akan dihantarkan dalam beberapa pilihan menu lainnya. Namun pilihlah menu sistem dan pilih kembali advanced system setting.
  • Setelahnya, masuklah dalam menu advanced dan pilih menu setting. Dalam menu ini terdapat beberapa menu lain, namun anda harus memilih menu performance. Kemudian masuk kembali dalam menu advanced.
  • Pada menu ini pilihlah menu change pada menu virtual memory. Kemduain lakukan uncheck pada menu automatically manage paging files. Kemudian pilih menu custom size dan perhatikan berapa besar jumlah memory yang diinginkan.
  • Untuk ukuran yang maksimum, dapat diisikan 2x ukuran umum. Setelahnya lakukan save atau set dan akhiri dengan OK. Perubahan ini nantinya akan segera terjadi pada laptop. Jadi, jangan kebingungan saat terdapat beberapa ruang yang tersimpan untuk drive-drive tertentu.
  • Untuk anda yang menjalankannya, apakah berhasil untuk melakukannya? Jika belum belum cobalah sekali lagi. Mungkin saja cara mempercepat kinerja laptop windows 10 yang dijalankan tidak sempurna. Atau terdapat kesalahan dalam melakukannya. Untuk itu, cobalah mengulangi kembali cara ini hingga membuahkan hasil.

Setiap cara yang dipilih untuk meningkatkan kinerja laptop, sebaiknya dijalankan dengan benar. Sehingga cara mempercepat kinerja laptop ini dapat berjalan dengan maksimal. Jika memang semua cara ini dirasa kurang membantu, anda dapat meminta bantuan ahli. Atau memanfaatkan pembelian spare part seperti RAM dan harddisk baru.

Referensi Artikel

Artikel Terkait

Apa itu TimeLope? TimeLope atau TimeLope.com adalah sebuah website yang membahas dan berbagi informasi tentang dunia teknologi dan digital.

Situs teknologi Indonesia ini akan membahas lengkap tentang perkembangan dari dunia tekno, internet, smartphone, gadget dan tentu akan memberikan artikel-artikel tutorial yang berkaitan tentang hal diatas tersebut.

Kami dari Tim TimeLope akan berusaha untuk memberikan artikel yang bermanfaat untuk pengunjungnya.

Jadi, kami mengharapkan saran dan kritik dari Anda, tentunya kami berharap kritik serta saran yang membangun dan semoga informasi yang kami berikan akan terus bermanfaat untuk Anda semua.

Jika ingin menghubungi kami, silahkan email kami di halo[at]timelope.com.

Copyright © 2019 TimeLope. All Rights Reserved.