Cara Menggunakan Fitur Restore Point di Windows 10

Restore Point menjadi salah satu fitur di Windows 10 yang harus diaktifkan untuk mengantisipasi terjadinya error atau masalah dalam sistem operasi. Ikuti cara dalam artikel ini untuk menggunakan dan membuat restore point di Windows 10.

Jadi, apa saja yang harus kamu ketahui tentang fitur restore point di Windows 10? Berikut adalah topik penting yang harus kamu tahu:

  1. Definisi Restore Point
  2. Mengaktifkan Restore Point di Windows 10
  3. Membuat Restore Point di Windows 10
  4. Menggunakan Restore Point di Windows 10

Fitur Restore Point di Windows 10

Restore Point merupakan fitur yang harus diaktifkan oleh pengguna Windows guna menghindari terjadi masalah pada sistem operasi. Dengan adanya restore point maka pengaturan konfigurasi sebelumnya bisa digunakan ketika sistem operasi bermasalah, khususnya Windows 10.

Artikel ini akan memberikan informasi tentang bagaimana cara menggunakan restore point dan bagaimana cara membuat restore point sehingga bisa berguna jika Windows 10 sedang bermasalah. Baca artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui semua tentang restore point di Windows 10.

Apa itu Restore Point?

Restore Point adalah sebuah fitur di Windows 10 yang berguna untuk membuat sebuah snapshot atau catatan konfigurasi Windows pada suatu waktu tertentu dan bisa digunakan kembali ketika di masa yang akan datang.

Sekali membuat sistem restore point maka Windows akan membuat kembali secara otomatis sistem restore point yang baru ketika Windows 10 diupdate dengan update baru. Maka dari itu restore point menjadi salah satu fitur yang harus diaktifkan untuk menjaga ketika terjadi sesuatu dengan sistem atau konfigurasi Windows.

Contoh kasus penggunaan restore point di Windows 10:

Misalnya pada tanggal 12 Desember 2019 kamu membuat restore point di Windows 10 dan ada kalanya sistem Windows tersebut rusak pada tanggal 20 Desember 2019, mungkin karena salah menginstall driver atau software yang kamu install bermasalah.

Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan restore point yang sudah kamu buat pada tanggal 12 Desember 2019 dan semua sistem akan berubah seperti semula ketika membuat restore point atau ketika Windows 10 terupdate ke versi lebih baru dalam rentang waktu tersebut.

Salah satu cara untuk memperbaiki suatu masalah dalam sistem operasi adalah dengan masuk ke safe mode. Lantas bagaimana cara masuk ke safe mode? Pelajari tentang Safe Mode Windows 10.

Cara Mengaktifkan Restore Point di Windows 10

Fitur restore point secara default tidak aktif, namun kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan beberapa langkah mudah. Ikuti tutorial dibawah ini untuk mengaktifkan fitur restore point di Windows 10:

  1. Buka Start atau tekan tombol Win + Q lalu cari Create a restore point dan klik pada hasilnya.

    Buka Create a Restore Point Windows 10
  2. Selanjutnya pilih tab System Protection dan pilih partisi untuk pengaktifan restore point nya, lalu klik tombol Configure.

    Pilih Partisi OS untuk Mengaktifkan Restore Point Windows 10
  3. Langkah selanjutnya adalah centang pilihan Turn on system protection.

    Turn on system protection
  4. Langkah terakhir adalah pilih OK dan system restore point untuk partisi yang dipilih sudah bisa digunakan.

HINT:

  • Windows 10 bisa mengatur pemakaian storage untuk membuat restore point, namun kamu juga bisa mengubah pengaturan ini sesuai dengan kebutuhan kamu. Caranya adalah dengan menggeser slider di bagian Disk Spaces Usage – Max Usage menjadi nilai persen yang kamu inginkan.
  • Restore point hanya bisa diaktifkan dan dibuat pada partisi yang hanya terinstall sistem operasi Windows saja.

Kecepatan booting Windows merupakan salah satu hal penting untuk users. Ada banyak hal yang mempengaruhi kecepatan booting dan startup Windows. Namun, artikel kami sebelumnya sudah membagikan tips tentang: Bagaimana Cara Mempercepat Booting Windows 10.

Cara Membuat Restore Point di Windows 10

Setelah mengaktifkan fitur restore point untuk partisi sistem operasi, selanjutnya buat restore point untuk menyimpan konfigurasi Windows saat ini. Ikuti beberapa langkah mudah untuk membuat restore point di Windows 10 dibawah ini:

  1. Buka Start lalu cari Create a restore point lalu klik di hasil pencarian tersebut.
  2. Selanjutnya pilih tab System Protection dan pada bagian Protection Settings klik Create.

    Pilih Create untuk Membuat System Restore Point Windows 10
  3. Lalu buat nama atau deskripsi restore point untuk menandai system restore yang telah dibuat.

    Tulis Nama Restore Point 1
  4. Tunggu hingga proses pembuatan restore point selesai dan klik Close.

    Creating a restore point
  5. Selesai dan klik OK.

    Restore Point Windows 10 sudah dibuat

Windows 10 merupakan salah satu versi Windows yang mempunyai banyak update. Ada update yang bisa menambah performa namun ada juga update yang malah bermasalah dengan sistem operasi. Jika kamu ingin menonaktifkan fitur update di Windows 10, silahkan baca artikel sebelumnya tentang: Bagaimana Cara Mematikan Windows 10 Update dan Cara Update Windows 10.

Cara Mengembalikan Windows 10 Dengan System Restore

Sesuai dengan namanya, restore point akan berguna untuk mengembalikan konfigurasi dan sistem Windows jika sistem yang sedang berjalan bermasalah. Restore Point akan mengembalikan semua konfigurasi yang tersimpan dan tentunya akan kembali seperti saat sistem dicatat oleh fitur restore point.

Dibawah ini adalah cara menggunakan restore point di Windows 10:

  1. Buka Start dan cari Create a restore point, setelah itu klik pada hasil pencarian.
  2. Pada tab System Protection, klik tombol System Restore.

    Pilih System Restore
  3. Setelah itu pilih Next pada panel restore point yang muncul.

    Klik Next untuk Mengembalikan System Restore Point 1
  4. Langkah selanjutnya adalah pilih sistem yang akan dikembalikan sesuai dengan sistem yang sudah dicatat dalam restore point yang sudah dibuat. Setelah itu pilih Scan for affected programs untuk mengecek aplikasi apa saja yang tidak akan dikembalikan karena terinstall sesudah system restore di buat. Jika sudah close box affected programs.

    Pilih Sistem Restore untuk Mengembalikan Sistem Restore
  5. Setelah itu Next untuk melihat detail dari restore point yang akan dikembalikan lalu klik Finish.

    Klik Finish untuk Konfirmasi Menggunakan Restore Point 1
  6. Selesai dan semua konfigurasi sistem sudah direcover seperti saat system restore dibuat.

Keamanan sistem komputer dan data adalah faktor yang harus dipertimbangkan untuk diterapkan demi menjaga sistem dan data di komputer tetap aman. Salah satunya adalah dengan menjaga files aman di Windows 10. Pelajari lebih lanjut tentang: Langkah Memproteksi Folder Windows Secara Aman.

Itu saja dulu artikel tentang fitur Restore Point di Windows 10. Jika ada pembaruan tentang fitur restore point Windows 10 maka artikel ini akan diupdate kedepannya.

Share artikel ini?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Terima kasih sudah mengunjungi portal teknologi Indonesia ini. Dan jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini.

– Salam, TIMELOPE.