Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Software

Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Software

Susah untuk mengunci folder dengan enkripsi atau password? Coba cari berikut yaitu cara mengunci folder dengan bantuan software yaitu 7Zip dan My Secret Folder.

Mengunci Folder dengan Software

Laptop adalah segalanya bagi mereka yang bekerja dengan laptop seharian. Didalamnya akan tersedia berbagai file berharga yang disimpan dalam folder masing-masing. Beberapa diantaranya mungkin file yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Maka dari itu kamu harus mengetahui cara mengunci folder dengan software dan aplikasi.

Sehingga cara mengunci folder di laptop digunakan agar tidak ada orang yang membukanya sembarangan dan isi folder tersebut beredar secara luas. Penggunaan kunci folder, sebenarnya dapat digunakan tanpa aplikasi yaitu mengunci folder dengan password dan mengunci folder dengan enkripsi.

Namun, jika anda menggunakannya, diperlukan beberapa code yang harus dimasukkan. Sehingga cara mengunci folder dengan enkripsi atau password ini dirasa menyulitkan dan tidak cocok dijalankan.

Aplikasi apa yang dapat digunakan? Berikut dua aplikasi yang bisakamu gunakan untuk mengunci folder rahasia kamu:

  1. Cara Kunci Folder Dengan 7Zip
  2. Cara Kunci Folder Dengan My Secret Folder
  3. Cara Lain untuk Kunci Folder

2 Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Aplikasi/Software

Inilah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunci folder penting dalam laptop dengan software. Anda dapat memilih salah satu aplikasinya dan merasakan manfaat dari penggunaannya. Berikut ulasan lengkapnya,

1. Kunci Folder Dengan 7Zip

Aplikasi yang banyak digunakan dan dianggap mudah untuk memberi password adalah aplikasi Zip. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan mudah di mesin pencari dan bisa didapatkan secara gratis.

Berikut cara mengunci folder dengan software 7Zip:

  1. Download 7Zip lalu install di laptop. Silahkan download sesuai dengan versi Windows kamu, bisa 32-bit dan 64-bit.
  2. Setelah itu jalankan 7Zip dan cari folder yang ingin kamu kunci.

    Cari Direktori untuk Dikunci dengan 7Zip
  3. Setelah itu ikuti cara ini untuk melakukan kompresi. Di bagian Archive, tentukan lokasi dimana tempat penyimpanan file yang sudah dikompres dan dikunci. Untuk mentukan format kompresi silahkan atur di bagian Archive Format, kamu bisa memilih format .zip atau .tar. Untuk mengunci folder silahkan atur di bagian Encryption, masukkan password dalam kotak yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk mengecek password yang sudah kamu tulis dengan mencentang pilihan Show Password.

    Atur 7Zip untuk Mengunci Folder dengan Password
  4. Tekan OK untuk mengunci folder dengan menggunakan 7Zip.
  5. Jika sudah, buka lokasi folder/kompresi yang sudah kamu buat tadi. Silahkan buka file tersebut dan masukkan password yang sudah kamu tentukan tadi untuk menguji apakah file tersebut bisa dibuka dengan benar dan lancar.

    Buka Password 7Zip
  6. Selesai dan folder data penting laptop sudah terkunci dan terkompres oleh software 7Zip.

Selain menggunakan software, folder juga bisa dikunci dengan beberapa cara lain. Penasaran? Baca artikel sebelumnya dengan Cara Mengunci Folder di Laptop Secara Mudah dan Praktis.

2. Kunci Folder Dengan My Secret Folder

Satu lagi aplikasi yang dapat dijadikan sebagai pilihan adalah secret folder. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah dan tidak memiliki memory yang terlalu besar, namun software ini berbayar dengan free trial selama 30 hari. Sehingga cocok untuk diletakkan di laptop maupun PC dengan memori minim. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

  1. Download My Secret Folder dan install software tersebut di laptop atau PC.
  2. Setelah proses install selesai, buka My Secret Folder dan mulai proses penguncian folder.
  3. Buat folder dan lokasi tempat kamu menyimpan folder rahasia kamu. Caranya klik Browse dan cari lokasi folder rahasia kamu atau buat folder tersebut jika kamu belum membuat lokasi folder rahasia sebelumnya.

    Atur Lokasi Folder Secret
  4. Lalu Next dan buat password dengan klik di Create a Password dan tulis password di kotak yang sudah disediakan dan tekan OK jika sudah.

    Atur Password untuk My Secret Folder
  5. Lalu Next dan OK, proses penguncian folder sudah selesai dan folder yang dikunci sudah menghilang.
  6. Untuk membuka kunci silahkan buka My Secret Folder dan buka kunci folder tersebut dengan memasukkan password yang sudah kamu buat tadi.

Kunci folder juga bisa dilakukan dengan metode Encrypt dan password. Baca panduan dalam artikel sebelumnya tentang Bagaimana Cara Mengunci Folder Dengan Password dan Cara Mudah Kunci Folder Dengan Enkripsi.

Cara Alternatif Kunci Folder di Windows

Selain menggunakan 7Zip dan My Secret Folder, kamu juga bisa mengunci folder di Windows tanpa menggunakan software tambahan yaitu dengan cara mengunci folder dengan enkripsi dan mengunci folder dengan password.

Silahkan klik gambar dibawah ini untuk mengetahui dan membaca tutorial kunci folder tanpa aplikasi dan software.

Kunci Folder Password
Kunci Folder Enkripsi

Itulah beberapa cara mengunci folder di laptop yang dapat anda lakukan. Pilihlah salah satunya untuk membantu menyimpan folder yang dimaksud. Lantas, apakah manfaat dari mengunci folder?

Terima kasih sudah mengunjungi situs ini. Dan jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini untuk teman-teman kamu.

– Salam, TIMELOPE.

Referensi Artikel
Iqbal Taher

Iqbal Taher

Seorang penulis sejak 2009 dan lebih menguasai bidang teknologi yang sedang berkembang saat ini. Iqbal juga seorang yang suka traveling. Follow Iqbal di Facebook.
Komentar

Copyright © 2019 TimeLope - Tidak semua hak cipta dilindungi.