Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows

Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows

Punya banyak data dan files pentng di laptop? Seharusnya hanya kamu yang bisa mengakses data ini. Nah, saya punya cara bagaimana menyembunyikan data penting di laptop supaya orang lain tidak bisa mengakses data tersebut. Bagi pengguna Windows, berikut ini adalah cara mengunci folder dengan password yang seharusnya kamu tau. Check this out!

Menyembunyikan Folder Penting dengan Password

Setelah membuat tulisan tentang menyembunyikan dan mengunci folder di laptop Windows, artikel ini saya buat untuk melanjutkan kekurangan bagaimana cara mengunci folder dengan password di Windows.

Cara berikut ini tidak memerlukan bantuan dari software lain atau aplikasi tambahan. Cara ini murni dari pembuatan kode kunci folder dengan file batch yang kemudian akan kita gunakan untuk menyembunyikan folder penting kita.

Baca juga cara mengunci folder dengan enkripsi dan cara mengunci folder dengan software. Untuk mengetahui cara lengkap menyembunyikan dan mengunci folder dengan password, silahkan baca tutorial nya di bawah ini.

Berikut poin-poin penting dari artikel cara mengunci folder dengan password versi TIMELOPE:

  1. Tutorial Cara Mengunci Folder dengan Password
  2. Kelebihan Cara Ini
  3. Kekurangan Cara Ini
  4. Kunci Folder dengan Enkripsi dan Software

Cara Mengunci Folder dengan Password

TIMELOPE.com – Saya mencoba cara ini di Windows 10 dan belum mencoba di Windows versi sebelumnya. Berikut cara mengunci folder Windows hanya dengan menggunakan password:

  1. Persiapan.
    Buka direktori lokasi folder yang ingin kamu kunci.
  2. Cari lokasi folder yang akan dikunci.
    Buka folder dan klik kanan tepat dalam folder yang ingin kamu kunci. Bahkan kamu bisa mengunci folder yang berlokasi di Desktop laptop kamu.
  3. Buat file untuk perintah kunci folder.
    Selenjutnya buat sebuah file untuk membuat perintah penguncian folder, boleh dengan Notepad biasa atau Noteped++. Caranya Klik kanan pada area kosong dalam folder yang ingin dikunci lalu pilih New > Text Document.

    Buat File TXT

    Lalu buka file .txt yang sudah kamu buat tadi dan paste code yang sudah saya siapkan dibawah ini.

    cls
    @ECHO OFF
    title Folder Locker
    if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
    if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
    :CONFIRM
    echo Apakah kamu yakin akan mengunci folder ini? (Y/N)
    set/p "cho=>"
    if %cho%==Y goto LOCK
    if %cho%==y goto LOCK
    if %cho%==n goto END
    if %cho%==N goto END
    echo Invalid choice.
    goto CONFIRM
    :LOCK
    ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    echo Folder locked
    goto End
    :UNLOCK
    echo Masukkan password untuk membuka kunci folder
    set/p "pass=>"
    if NOT %pass%==Password-Kamu goto FAIL
    attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
    echo Folder Unlocked successfully
    goto End
    :FAIL
    echo Invalid password
    goto end
    :MDLOCKER
    md Locker
    echo Locker created successfully
    goto End
    :End
  4. Masukkan password yang kamu inginkan.
    Langkah selanjutnya adalah menentukan password untuk mengunci folder penting tersebut. Cari tulisan Password-Kamu dalam kode yang sudah kamu salin tadi ke Notepad (lihat gambar dibawah).

    Ganti Password

    Dan ganti dengan password yang kamu inginkan. Misalnya: 1234567890 atau akuGanteng. Dalam kasus ini saya menggunakan password TIMELOPE (huruf besar semua).
  5. Simpan dan ubah menjadi format batch.
    Setelah itu simpan file tersebut dengan format batch file (.bat). Caranya dengan klik File > Save As kemudian ubah nama menjadi FolderLocker.bat dan ubah format .txt menjadi format .bat.

    Simpan File Dalam Format BAT
  6. Persiapan kunci folder dan files penting.
    Jika sudah tersimpan menjadi FolderLocker.bat dan selanjutnya klik dua kali pada file tersebut dan akan terbentuk folder baru dengan nama Locker.

    Folder Locker Terbentuk
  7. Masukkan file penting ke dalam folder Locker.
    Isi folder Locker tersebut dengan file dan folder yang ingin kamu kunci. Drag atau Copy ke dalam folder Locker.

    Pindahkan Folder Penting ke dalam Folder Locker
  8. Proses kunci folder.
    Setelah itu kunci folder Locker dengan klik lagi file batch FolderLocker dan akan terbuka command prompt dengan isi Apakah kamu yakin akan mengunci folder ini? (Y/N) dan ketik Y untuk mengunci folder tersebut. Command prompt akan tertutup secara otomatis dan folder Locker juga akan menghilang dari direktori tempat penyimpanan kamu.

    Permintaan Kunci Folder
  9. Cara akses kembali file/folder terkunci.
    Untuk mengakses file tersimpan tadi, klik file FolderLocker lagi dan kamu akan diminta mengetik password yang sudah kamu isi di step 4 sebelumnya. Dan folder yang terkunci tadi akan otomatis ada di direktori yang sama.

    Buka File Terkunci di Windows dengan Password
  10. Selesai.
    Begitulah cara mengunci folder dengan password.

Kelebihan Mengunci Folder dengan Password

Tentu saja cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari cara menyembunyikan folder dengan password? Ini poin utamanya:

  • Tidak membutuhkan software.
    Yang saya suka dari cara ini adalah untuk menyembunyikan file dan folder penting di laptop tidak perlu untuk menginstall software tambahan. Sehingga, storage laptop lebih lega dan tidak penuh dengan software. Hanya membutuhkan file editor saja, dalam kasus ini adalah Notepad yang merupakan software bawaan Windows.
  • Hanya copy dan paste code.
    Modal yang diperlukan untuk hanyalah menyalin kode yang sudah saya sediakan diatas. Jadi cara ini tergolong cukup efektif untuk kamu yang malas coding untuk membuat perintah kunci folder nya.
  • Mudah dan cepat.
    Cara ini sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet. Waktu yang dibutuhkan juga lumayan cepat dan tentunya mudah.
  • Bisa dilakukan oleh siapa saja.
    Cara mengunci folder dengan password bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk kamu yang tidak bisa coding.
  • Password berbeda setiap folder.
    Kelebihan lainnya dari cara ini adalah kamu bisa menentukan password yang berbeda untuk setiap folder yang akan kamu kunci. Untuk keamanan, cukup gunakan satu atau dua password yang berbeda saja.

Kekurangan Mengunci Folder dengan Password

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari cara mengunci folder dengan password. Kamu juga harus tahu apa saja kekurangan dari cara ini. Berikut kekurangan dari cara kunci folder Windows dengan password:

  • Harus mencatat password.
    Jika kamu membuat banyak folder di setiap direktori penting lainnya dan membuat password yang berbeda-beda, maka kamu harus mencatat password tersebut supaya tidak terlupa.
  • Password bisa diketahui orang.
    Ini yang paling penting, jika menggunakan cara ini untuk menyembunyikan folder penting kamu maka orang yang sudah berpengalaman bisa mengetahui password folder kamu. Untuk mencegah hal ini kamu bisa hidden file FolderLocker.bat dengan cara klik kanan di file FolderLocker.bat lalu pilih Properties > General > Hidden. Maka file tersebut akan disembunyikan. Untuk mengakses kembali, buka File Explorer dan pilih menu File > View > cari pilihan Hidden files and folders > centang Show hidden files, folder, and drives.

Cara Lain Kunci Folder Penting di Windows

Selain itu kamu bisa mencoba untuk mengunci folder dengan password menggunakan software 7Zip, baca tutorial disini. Saya juga sudah menulis dua cara lain untuk mengunci folder di laptop. Silahkan klik gambar dibawah ini untuk membaca cara mengunci folder dengan enkripsi dan software.

Kunci Folder Enkripsi
Software Kunci Folder

[no_toc]

Terima kasih sudah mengunjungi situs ini. Dan jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini untuk teman-teman kamu.

– Salam, TIMELOPE.

Referensi Artikel
Iqbal Taher

Iqbal Taher

Seorang penulis sejak 2009 dan lebih menguasai bidang teknologi yang sedang berkembang saat ini. Iqbal juga seorang yang suka traveling. Follow Iqbal di Facebook.
Komentar

Copyright © 2019 TimeLope - Tidak semua hak cipta dilindungi.