Cara Hapus Cache Windows 10 Update

Storage Windows kamu penuh? Mungkin cache laptop belum kamu bersihkan. Baca langkah-langkah cara hapus cache Windows 10 update dan cache lainnya.

Hapus Cache Windows Update – Apa itu cache? Cache adalah file-file kecil yang tersimpan di storage sistem komputer dan sebenarnya tidak diperlukan lagi. Biasanya cache disebut sebagai file sampah.

Cache ada yang tersembunyi dan ada juga yang tidak, sebaiknya kamu menghapus file-file ini supaya storage laptop atau PC kamu tidak penuh dan menjaga kinerja laptop. Untuk penjelasan lebih detail, baca artikel lengkap tentang cache.

Artikel TimeLope.com ini akan menjelaskan bagaimana cara membersihkan dan menghapus cache Windows 10 update. Cache update ini tersimpan di direktori khusus untuk menampung file keperluan update. Biasanya terletak di direktori C:\Windows\SoftwareDistribution\Download.


Hapus Cache Windows 10 Update

TimeLope – Ada 3 cara yang kami rekomendasikan untuk menghapus file sampah ini. Penjelasan detail cara menghapus cache update Windows 10 adalah sebagai berikut:

Cara Manual Hapus Cache Windows 10 Update

Cara yang sangat mudah adalah menghapus cache secara manual, berikut step-by-step nya:

  1. Pertama login ke Windows sebagai Administrator.
  2. Selanjutnya buka File Explorer dan masuk ke direktori C:\Windows\SoftwareDistribution\Download.
  3. Hapus semua folder dan file dalam folder tersebut.
  4. Selesai.

Jika cara ini tidak berhasil menghapus semua file yang berada di folder tersebut, maka silahkan coba hapus cache melalui Command Prompt atau dengan file batch. Cara tersebut ada di sub artikel dibawah.

Hapus Cache melalui Command Prompt (CMD)

Cara berikut ini kami rekomendasikan jika cara manual tidak berhasil yaitu hapus cache update Windows 10 melalui cmd. Ini tutorial lengkapnya:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghentikan fungsi Windows Update Service untuk sementara dengan cara masuk ke cmd dengan cara tekan tombol ‘Windows‘ di berada di taskbar lalu ketikkan ‘cmd‘ kemudian tekan ‘Ctrl + Shift + Enter‘ untuk membuka cmd sebagai Administrator.
  2. Setelah layar cmd terbuka, kemudian ketikkan net stop wuauserv lalu tekan ‘Enter‘.
  3. Lalu ikuti step di bagian Cara Manual dengan masuk ke direktori C:\Windows\SoftwareDistribution\Download di File Explorer dan hapus semua folder dan file dalam direktori ini.
  4. Selanjutnya setelah mengosongkan direktori Windows update, buka kembali cmd untuk mengetikkan perintah net start wuauserv dan tekan ‘Enter‘.
  5. Selesai.

Hapus Cache Update dengan Perintah File Batch

Cara terakhir yang paling mudah adalah dengan membuat sebuah file batch yang kemudian semua cache Windows 10 update akan dieksekusi oleh satu file ini. Bahkan, file ini bisa kamu simpan permanen di PC/laptop kamu dan digunakan lagi untuk keperluan yang sama kedepan.

Berikut langkah mudah membuat file batch untuk menghapus cache Windows update:

  1. Buka Notepad++ atau Notepad.
  2. Kemudian copy code dibawah ini dan pastekan ke Notepad.
    net stop wuauserv
    CD %Windir%
    CD SoftwareDistribution
    DEL /F /S /Q Download
    net start wuauserv
  3. Lalu simpan file tersebut dengan cara pilih menu ‘File‘ lalu pilih ‘Save as‘ kemudian pilih ekstensi ‘All Files‘ lalu beri nama file ‘Hapus Cache Update.bat‘, lokasi penyimpanan bisa dimana saja.
  4. Kemudian setelah selesai, klik kanan pada file ‘Hapus Cache Update.bat‘ dan pilih ‘Run as Administrator‘ dan tunggu sebentar hingga perintah tadi tertutup secara otomatis.
  5. File cache Windows update kamu sudah terhapus.


Kesimpulan

Cara Membersihkan Cache Windows 10 Update – Langkah mana yang paling mudah menurut kamu? Kami menyarankan untuk memilih langkah #3 karena kamu bisa menggunakan file yang sudah dibuat tersebut kapan saja kamu perlu. Baca juga artikel bantuan dari Microsoft ini.

Terima kasih sudah mengunjungi situs ini. Dan jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini untuk teman-teman kamu.

– Salam, TimeLope.
Icon TimeLope x30
Referensi Artikel
Artikel Terkait
Komentar