Cara Update Windows 10 Online & Offline

Artikel ini akan memberikan panduan update Windows 10 secara offline maupun online dengan beberapa cara.

Panduan Update Windows 10

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan. Dikutip dari GuidingTech.com yang menyatakan bahwa sekitar 86% pengguna komputer dari seluruh komputer di dunia menggunakan sistem operasi Windows dan 46% pengguna komputer diantaranya menggunakan Windows 10.

Microsoft mengeluarkan pembaruan untuk Windows 10 hampir setiap minggu. Jadi, manfaatkan peluang ini untuk meng-upgrade Windows 10 kamu untuk meingkatkan performa laptop.

Bagi kamu yang belum tahu cara update Windows 10, artikel ini akan memberikan cara update Windows 10 secara offline dan online.

Baca selengkapnya tentang tutorial dan cara memperbarui Windows 10 secara online maupun offline. Semoga membantu masalah update yang sedang kamu hadapi.

Cara Update Windows 10 Secara Offline

Cara pertama yang digunakan adalah dengan cara offline. Panduan ini akan berguna untuk menghemat kuota dan hanya membutuhkan koneksi internet sekali saja ketika mengunduh Windows update untuk pertama kali.

Cara update Windows 10 offline bisa menggunakan beberapa cara. Berikut adalah panduan update Windows 10 secara offline:

Cara 1: Menggunakan Software Portable Update

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan tool Portable Update. Dengan cara ini kamu bisa memperbarui Windows 10 dari flashdisk dan bisa digunakan di komputer lain dengan sistem operasi yang sama.

Portable Update akan mendownload semua update dan kamu bisa menginstall file update mana saja yang diperlukan oleh komputer. Namun,walaupun offline software ini tetap saja memerlukan koneksi internet pada pertama kali penggunaan.

Berikut aalah cara update Windows 10 offline menggunakan Portable Update:

  1. Tahap pertama download dulu software Portable Update di situs official nya. Pastikan download versi terbaru.
  2. Setelah download, install dan buka software Portable Update. Lalu centang semua file lalu pilih Start.

    Portable Update Windows 10
  3. Buka tab Search dan tekan tombol Start untuk mulai mencari update yang belum terinstall di Windows 10 yang sedang digunakan.

    Tekan Search Untuk Mencari Driver Untuk Di Update
  4. Setelah itu pindah ke tab Downloads dan tekan tombol Start untuk mulai mengunduh file update yang sudah dicari tadi.

    Download Tab Untuk Unduh File Update Windows 10
  5. Jika sudah, buka folder tempat ekstrak tadi. Dalam kasus ini adalah folder Portable Update tadi yaitu PortUp dan buka folder Cache, maka akan ada beberapa file yang sudah didownload oleh Portable Update dan install setiap file tadi.

    Folder Cache File Download Windows 10 Update
  6. Selesai dan file tersebut bisa kamu pindahkan ke Flashdisk atau Harddisk Eksternal untuk digunakan di komputer lain dengan sistem operasi yang sama.

Untuk meningkatkan performa laptop Windows, sebaiknya lakukan penghapusan file cache sekali-kali. Ikuti tutorial Cara Menghapus Cache di PC, khususnya untuk sistem operasi Windows. Kamu juga bisa Menghapus Cache Dengan Menggunakan CCleaner.

Cara 2: Update Windows 10 Dengan Jaringan LAN

Cara memperbarui Windows 10 dengan menggunakan LAN (Local Area Network) sangat cocok untuk digunakan di lingkungan yang banyak menggunakan komputer misalnya lingkungan kantor atau sekolah.

Kenapa? Karena cara ini hanya memerlukan satu kali saja proses download file update dan kemudian bisa digunakan di kamputer lain yang tentunya menggunakan sistem operasi yang sama.

Mengapa harus repot mendownload file yang sama jika bisa transfer file tersebut? Menghemat kuota bukan dan waktu bukan?

Untuk memastikan cara ini bekerja dengan sempurna, pastikan komputer induk dan komputer lainnya berada dalam satu jaringan yang sama ya!

Berikut adalah cara update Windows 10 secara offline menggunakan LAN:

  1. Langkah pertama dilakukan di komputer 1 dengan membuka Start lalu pilih Settings lalu ketikkan Delivery Optimization Settings dalam kotak pencarian di halaman tersebut dan klik hasil pencariannya.

    Delivery Optimization Settings
  2. Setelah panel konfigurasi muncul, pada ubah bagian Allow downloads from other PCs menjadi ON dan centang PCs on my local network.

    Allow Downloads From Other PCs
  3. Selanjutnya buka komputer 2 dan arahkan ke bagian Windows Update lalu klik Check for updates. Jika ada pembaruan terbaru di komputer 1 maka komputer 2 yang tersambung di jaringan yang sama akan menerima update yang sama dengan komputer 1.

Catatan: Komputer 1 = Komputer Induk dan Komputer 2 = Komputer lain di jaringan yang sama dengan komputer induk.

Selalu persiapkan system restore untuk mempersiapkan backup ketika sewaktu-waktu terjadi kesalahan sistem konfigurasi Windows 10. Ikuti panduan berikut ini untuk mengetahui bagaimana Cara Membuat Restore Point di Windows 10.

Cara 3: Mengunduh Patches dan Updates Windows 10

Cara ini direkomendasikan untuk kamu yang ingin mendownload file update secara khusus tanpa ada tambahan instalasi file lainnya.

Namun kamu harus mengetahui file apa saja yang akan kamu download. Tidak direkomendasikan bagi kamu yang kurang familiar terhadap file apa saja yang akan didownload untuk pembaruan Windows 10.

Berikut cara update Windows 10 offline dengan menggunakan patch updates:

  1. Download terlebih dahulu file update di situs official Windows 10 atau cek tabel download dibawah ini. File update berformat .msu atau .exe.
  2. Setelah download klik dan install file yang sudah di download tadi. Sistem akan melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah file tersebut sudah terinstall atau belum.
  3. Lakukan Restart komputer jika proses instalasi sudah selesai untuk menerapkan update yang sudah diinstall tadi.

Berikut ini beberapa file update untuk Windows 10 yang bisa kamu download. Namun jika ingin mendapatkan file update terbaru, silahkan buka situs resmi Microsoft.

KB3149135x64
KB3149135x86
KB3163018x64
KB3163018x86
KB3167685x64
KB3167685x86
List Patches Windows 10 Update

Jika kamu tidak ingin mengupdate Windows 10 kamu, pengaturan sistem ini bisa dimatikan. Baca Cara Mematikan Windows 10 Update dalam artikel sebelumnya yang sudah ditulis secara detail dengan beberapa cara mudah dan bisa diaplikasikan oleh pemula.

Cara Update Windows 10 Secara Online

Setelah mengetahui cara memperbarui Windows 10 secara offline, selanjutnya adalah mengupdate dengan cara online.

Ada dua cara yang bisa kamu gunakan yaitu secara manual dan dengan menggunakan Windows 10 Update Assistant secara otomatis.

Cara ini cocok untuk kamu yang terkoneksi ke jaringan internet yang stabil. Berikut adalah cara update Windows 10 secara online.

Cara 4: Cara Manual Update Windows 10

Panduan berikutnya adalah cara update Windows 10 dengan cara mudah namun akan membutuhkan koneksi internet.

Persiapkan koneksi yang stabil dan jangan gunakan hotspot dari handphone karena akan membutuhkan banyak paket data.

Berikut adalah panduan update otomatis Windows 10 secara online:

  1. Langkah pertama buka Start lalu pilih Settings lalu buka Update & Security dan terakhir tekan Windows Update.
  2. Lalu pilih tombol Check for Updates dan biarkan sistem mengunduh pembaruan Windows secara otomatis dengan koneksi internet tetap terhubung.

    Check For Updates Windows 10
  3. Selesai dan jika diperlukan, Windows 10 harus di Restart.

Secara umum, banyak pengguna Windows 10 yang mengalami masalah pada sistem operasi nya. Salah satu cara memperbaiki masalah di Windows 10 adalah melalui mode aman (safe mode). Baca panduan Cara Masuk ke Safe Mode Windows 10 dengan benar yang sudah dibahas pada artikel tersebut.

Cara 5: Update Otomatis Dengan Windows 10 Update Assistant

Cara berikut ini akan memanfaatkan sebuah aplikasi atau software yang dikeluarkan oleh Microsoft khusus untuk mengecek dan membantu proses pembaruan Windows 10 secara otomatis tentunya.

Berikut ini panduan menggunakan Windows 10 Update Assistant untuk memperbarui Windows 10 laptop secara otomatis:

  1. Langkah pertama, download dahulu software asisten di laman resmi Microsoft: Windows 10 Update Assistant. Setelah itu install dan buka software tersebut.
  2. Ketika pertama kali terbuka, program akan mengecek secara otomatis untuk pembaruan Windows 10 dan tentunya harus terhubung ke jaringan internet.
  3. Jika ada pembaruan yang harus didownload maka akan keluar pesan Update to the latest version of Windows 10 lalu tekan tombol Update jika kamu ingin memperbarui versi sistem operasi Windows kamu.

    Windows 10 Update Assistant Update Now
    Sumber gambar: minitool.com

    Namun, jika laptop kamu sudah terinstall dengan pembaruan terbaru, maka akan muncul pesan Thank you for updating to the latest version of Windows 10.

    Laptop Sudah Terinstall Windows 10 Update Terbaru

Itulah beberapa cara update Windows 10 secara offline dan online yang bisa kamu gunakan untuk memperbarui Windows 10 ke versi yang paling baru. Dan jangan lupa untuk menghapus cache update setelah memperbarui semua pembaruan dengan Cara Menghapus Semua Cache Windows 10 Update.

Untuk menambah perlindungan file penting di Windows 10, kamu bisa memproteksi file tersebut ke dalam sebuah folder keamanan yang bisa kamu buat. Ikuti panduan Cara Mengunci Folder Dengan Password atau Cara Mengunci Folder di Windows 10.

Share artikel ini?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Terima kasih sudah mengunjungi portal teknologi Indonesia ini. Dan jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini.

– Salam, TIMELOPE.