Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Aplikasi, Mudah dan Tidak Pakai Sulit!

Deskripsi Artikel:

Laptop adalah segalanya bagi mereka yang bekerja dengan laptop seharian. Didalamnya akan tersedia berbagai file berharga yang disimpan dalam folder masing-masing. Beberapa diantaranya mungkin file yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Sehingga cara mengunci folder di laptop digunakan agar tidak ada orang yang membukanya sembarangan dan isi folder tersebut beredar secara luas.

Penggunaan kunci folder, sebenarnya dapat digunakan tanpa aplikasi. Namun, jika anda menggunakannya, diperlukan beberapa code yang harus dimasukkan. Sehingga cara mengunci folder dengan CMD ini dirasa menyulitkan dan tidak cocok dijalankan. Untuk itu, disarankan menggunakan beberapa aplikasi, agar lebih mudah untuk menjalankannya. Aplikasi apa yang dapat digunakan?

4 Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Aplikasi

Inilah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunci folder penting dalam laptop. Anda dapat memilih salah satu aplikasinya dan merasakan khasiat dari penggunaannya. Berikut ulasan lengkapnya,

Software 7Zip

Aplikasi yang banyak digunakan dan dianggap mudah untuk memberi password adalah aplikasi Zip. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan mudah di mesin pencari dan bisa didapatkan secara gratis. Karenanya, untuk mendapatkannya, anda harus melakukan download terlebih dahulu pada aplikasi ini, sedangkan cara mengunci folder dapat diikuti dibawah ini:

  • Pastikan bahwa aplikasi yang telah didownload benar-benar telah terinstalasi dengan benar. Setelahnya pilihlah folder yang akan dikunci.
  • Setelah menentukan folder mana yang akan dikunci, klik kanan pada mouse dan pilih menu 7zip. Kemudian pilih menu yang pertama yaitu menu tambah ke arsip atau add to archive.
  • Nantinya akan muncul tampilan jendela 7zip. Pada archive format, pilihlah menu format arsip yang diinginkan. Agar lebih mudah, disarankan untuk menggunakan Zip. Nantinya masukkanlah password yang diinginkan. Pastikan bahwa password yang digunakan tidak terlalu sulit diingat, agar memudahkan saat akan membuka folder.
  • Setelah selesai, tekanlah Ok untuk menyimpan password dan menyelesaikan cara mengunci folder di PC maupun di laptop. Namun, nantinya saat ada yang akan membuka folder, akan dibutuhkan password sebagai tanda masuk.

Secret Folder

Satu lagi aplikasi yang dapat dijadikan sebagai pilihan adalah secret folder. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah dan tidak memiliki memory yang terlalu besar. Sehingga cocok untuk diletakkan di laptop maupun PC dengan memori minim. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

  • Pertama, anda harus melakukan download terlebih dahulu pada software yang dimaksud. Cara mencarinya mudah, cukup masuk ke browser dan carilah aplikasi ini. Setelahnya lakukan download dan tunggu hingga proses instalasi usai.
  • Pada saat instalasi, disarankan untuk menggunakan bahasa inggris sebagai pilihan. Di saat akhir, anda akan dimintai password untuk penguncian, buatlah password yang baik dan mudah diingat. Sehingga, lebih memudahkan saat akan dibuka.
  • Kemudian masukkan pula email recovery, namun bila terlupa anda dapat melakukan setting ulang pada email dan tekan OK. Kemudian, waktunya menambahkan file-file apa saja yang ingin dilakukan penguncian.
  • Caranya dengan klik +add dan klik lock. Nantinya setiap folder yang dipilih akan terkunci dengan password yang telah dimasukkan tadi. Setelah usai, maka proses mengunci folder telah usai.
  • Setelah menjalankan semua cara tersebut, nantinya folder yang dikunci tidak akan nampak di layar komputer. Untuk memperlihatkannya kembali, anda dapat membukanya kembali melalui software yang sama. Caranya, dengan memasukkan kembali password yang telah dibuat.

Super Folder Locker

Aplikasi lainnya yang dapat dijadikan pilihan adalah aplikasi super folder locker. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan mudah mendownloadnya melalui browser. Untuk langkah berikutnya, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini,

  • Seperti biasa, jika anda belum memiliki aplikasinya, lakukanlah download pada software tersebut. Setelahnya tunggu beberapa saat hingga akhirnya selesai melakukan instalasi. Setelahnya, masukkanlah sandi dan tekan login.
  • Selanjutnya, anda dapat memilih folder manakah yang akan dikunci. Sehingga tidak dapat diakses oleh orang lain. Selain melakukan penguncian, pengguna juga dapat menentukan, manakah tempat paling aman dan jarang dibuka oleh orang lain.
  • Berikutnya, masuklah dalam software kembali dan klik kolom untuk melakukan upload pada folder yang dilock. Setelahnya, pililah folder yang telah dipersiapkan sebelumnya. Jika sudah yakin dengan folder yang dipilih tekan Ok pada menu yang tersedia.
  • Setelah melakukan serangkaian langkah di atas, bukan berarti pekerjaan anda sudah usai. Karena masih terdapat langkah lain yang harus dijalankan. Dalam hal ini untuk melakukan opsi lock pada sebelah kiri bawah.
  • Jika folder sudah siap, masukkanlah password yang diinginkan untuk menjamin keamanan folder tersebut. Setelahnya, maka usai sudah cara mengunci folder di komputer maupun laptop.
  • Saat akan membuka kembali folder yang telah dikunci, anda dapat melakukannya dengan menekan opsi locker. Dan folder tersebut sudah terbuka seperti folder-folder lainnya.

Itulah beberapa cara mengunci folder di laptop yang dapat anda lakukan. Pilihlah salah satunya untuk membantu menyimpan folder yang dimaksud. Lantas, apakah manfaat dari mengunci folder?

Manfaat Mengunci Folder pada Laptop

Saat membicarakan tentang folder yang dikunci, mungkin anda mempertanyakan, apakah keuntungan dari melakukan hal ini. Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut ini,

Menghindari Pencurian

Folder yang biasanya dilock adalah folder yang memiliki data-data penting. Oleh karenanya, si pemilik mencari cara mengunci folder dengan password untuk menyimpannya. Bukan hanya untuk menyimpannya dengan aman. Hal ini akan membantu untuk mencegah terjadi pencurian data oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Menyimpan Data Tertentu

Dalam beberapa kesempatan, data-data seperti buku tabungan, kartu keluarga hingga data lainnya disimpan di laptop. Tujuannya, agar tidak kesulitan untuk mencari data saat dibutuhkan. Untuk menjaga semua data tersebut, maka dibutuhkan cara mengunci folder di windows 10 dan windows lainnya. Sehingga data tetap terjaga dan tidak menjadi bahan kejahatan.

Tidak Dijangkau Orang Lain

Data-data penting dan tertutup, adalah data yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Karenanya, cara mengunci folder di windows 7 dibutuhkan. Jika anda sependapat, gunakanlah cara yang telah disampaikan di atas untuk membantu. Bila dirasa kurang, pilihlah salah satunya dan terapkan dahulu. Setelahnya, buktikan apakah cara ini berhasil atau sebaliknya.

Tindakan Preventif Lainnya

Terakhir, cara ini dimanfaatkan sebagai tindakan pencegahan. Sehingga tidak ada pencurian data maupun penggunaan data secara tidak bertanggung jawab. Karenanya dalam beberapa tahun ke belakang, semakin banyak pengguna laptop yang melakukan penguncian pada foldernya. Sehingga lebih nyaman dalam memanfaatkan data.

Terapkanlah salah satu cara di atas untuk mengunci folder. Sehingga tidak ada data yang dicuri atau dimanfaatkan secara sembarangan. Jika masih kesulitan, jangan enggan untuk menanyakan cara mengunci folder di laptop dengan orang yang lebih ahli.

Referensi Artikel

Artikel Terkait

Apa itu TimeLope? TimeLope atau TimeLope.com adalah sebuah website yang membahas dan berbagi informasi tentang dunia teknologi dan digital.

Situs teknologi Indonesia ini akan membahas lengkap tentang perkembangan dari dunia tekno, internet, smartphone, gadget dan tentu akan memberikan artikel-artikel tutorial yang berkaitan tentang hal diatas tersebut.

Kami dari Tim TimeLope akan berusaha untuk memberikan artikel yang bermanfaat untuk pengunjungnya.

Jadi, kami mengharapkan saran dan kritik dari Anda, tentunya kami berharap kritik serta saran yang membangun dan semoga informasi yang kami berikan akan terus bermanfaat untuk Anda semua.

Jika ingin menghubungi kami, silahkan email kami di halo[at]timelope.com.

Copyright © 2019 TimeLope. All Rights Reserved.