Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Deskripsi Artikel:

Di dalam laptop, biasanya tersedia banyak data yang merupakan data penting, baik untuk sekolah maupun untuk pekerjaan. Jika data ini hilang, tentunya akan merepotkan karena harus mencarinya satu per satu atau bahkan membuat yang baru. Jika hal ini terjadi, tentunya cara mengembalikan file yang terhapus di laptop penting untuk diketahui. Lantas, bagaimanakah cara yang dimaksud?

Cara untuk mengembalikan file yang terhapus, tersedia cukup banyak. Pilihannya beragam, salah satunya untuk menggunakan aplikasi maupun tidak. Anda dapat memilih cara mengembalikan file yang terhapus di laptop sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Sehingga cara ini dapat dijalankan dengan cepat dan membuahkan hasil maksimal. Penasaran dengan bagaimana cara harus dilakukan?

Mengapa Data di Laptop Dapat Terhapus?

Setidaknya terdapat dua alasan mengapa cara mengembalikan file terhapus di laptop dibutuhkan. Salah satunya, karena adanya file yang terhapus secara tidak sengaja. File inilah yang biasanya terselip dan kemudian dibutuhkan kembali dalam waktu dekat. Karenanya penting untuk menyiasati masalah ini dengan segera.

Hal lain yang menyebabkan terjadinya hal ini adalah virus. Virus dapat muncul kapan saja ke laptop atau PC. Waktu munculnya pun tidak pernah diketahui, karenanya penting mencari tahu cara mengatasinya dengan cepat. Untuk mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan, anda dapat melihatnya pada bagian berikutnya

5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Inilah beberapa cara yang dapat dipilih saat anda kehilangan file dari laptop. Cara manapun yang dipilih, sebaiknya jalankan dengan benar agar mendapatkan hasil maksimal. Berikut ulasannya,

Periksa Reycle Bin

Pilihan yang dapat dilakukan pertama adalah memeriksa recyle bin dalam laptop. Reycle bin biasanya berbentuk tong sampah pada laptop anda. Jadi cukup klik logo tersebut agar dapat masuk ke dalamnya. Di sanalah terdapat beberapa file yang sebelumnya telah dihapus dari laptop. Dari setiap file yang ada, pilihlah file manakah yang mungkin ingin direstore.

Nantinya, setelah file yang dimaksud di temukan, anda dapat melakukan klik kanan pada file. Setelahnya, klik restore nantinya setiap file tersebut akan kembali pada tempat semula file tersebut berasal. Jika file sudah kembali, cobalah melihat kembali apakah file tersebut dapat digunakan atau tidak.

Gunakan Fitur Previous Version

Jika tidak ingin menggunakan aplikasi untuk mengembalikan file yang telah terhapus, manfaatkanlah fitur previous version sebagai jawaban. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di laptop. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini,

  • Pertama, ingatlah dahulu folder manakah yang filenya telah anda hapus sebelumnya. Jika sudah masuklah dalam folder tersebut untuk melakukan langakh berikutnya.
  • Langkah berikutnya adalah untuk menakan klik kanan dan masuk dalam menu previous version. Menu ini akan membuat file-file yang lama, akan muncul kembali seperti biasa. Namun, jika anda melakukannya di folder yang salah, maka file yang dimaksud tidak akan muncul.
  • Apakah file yang dimaksud sudah kembali? Jika belum, mungkin anda dapat mencoba cara mengembalikan file yang lainnya. Sehingga file yang diinginkan benar-benar kembali seperti biasa.

Software File Recovery

Saat tidak dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh laptop, mungkin solusinya adalah memanfaatkan software. Banyak software yang tersedia untuk mengembalikan file yang telah terhapus, salah satunya menggunakan file recovery. Anda tidak perlu khawatir, karena software ini bisa didapatkan dengan mudah, melalui pencarian browser.

Saat sudah mendapatkannya, anda dapat melakukan download dan melakukan instalasi. Nantinya dari sanalah akan didapatkan perintah terkait untuk mengambil file yang telah dihapus. Satu yang pasti adalah setiap perintah yang diajukan tidak akan terlalu sulit, karenanya banyak orang yang memiliki software ini untuk digunakan.

Cloud Storage

Saat ini telah hadir cara menyimpan data terbaru, yang dikenal dengan cloud storage. Untuk layanan ini tersedia dalam berbagai bentuk, baik gratis maupun berbayar. Untuk layanan gratis, dapat menggunakan dropbox maupun google drive. Cara menggunakannya pun mudah dan bisa didapatkan secara gratis melalui browser, maupun sudah menjadi bawaan.

Saat file dari komputer maupun laptop hilang, anda dapat mencarinya di kedua media tersebut. Namun dengan catatan, sudah dilakukan back up sebelumnya pada file yang dimaksud. Jika sudah diback up file yang hilang tersebut dapat dicari dengan mudah. Untuk mengembalikannya ke laptop, cukup lakukan download dan data akan kembali hadir di laptop.

Software Inspector File Recovery

Berikutnya merupakan cara mengembalikan file dengan software. Software yang dapat digunakan adalah inspector file recovery. Setelah beberapa lama, software ini telah dipercaya mampu mengembalikan data yang telah terhapus. Untuk cara jelasnya, simak informasi ini

  • Pertama, lakukan download dengan mencari software di mesin pencari. Sesuaikan dengan jenis PC yang digunakan serta spesifikasi lainnya. Jika sudah tunggu hingga proses download usai.
  • Proses download tidak akan terlalu lama, kemudian lakukan instalasi pada komputer yang digunakan. Kemudian lanjutkan dengan membuka software ini untuk menjalankannya.
  • Pada bagian halaman utama, nantinya akan diberikan beberapa pilihan menu, yaitu recover deleted files, find lost drive dan find lost data. Anda hanya perlu menyesuaikan, menu mana yang sesuai kebutuhan.
  • Jika akan mencari data yang telah dihapus, carilah pada menu recover deleted files. Nantinya akan ditemukan beberapa menu pilihan. Anda harus memilih menu select logical drive. Setelahnya akan muncul halaman yang berisi daftar drive pada laptop.
  • Pilihlah drive manakah yang memuat data yang telah dihapus. Kemudian buat menjadi centang hijau. Tujuannya, untuk melakukan scanning pada data-data yang telah dihapus.
  • Tunggulah selama beberapa saat, hingga proses scanning usai. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan scanning berbeda karena banyak tidaknya data yang dicari. Hal ini juga dibedakan berdasarkan, baik tidaknya keadaan file. Jika file baik-baik saja, maka file dapat dikembalikan, begitu pun sebaliknya.
  • Setelahnya, anda harus melakukan klik kanan pada file yang diinginkan. Kemudian klik save to untuk menyimpan data yang dimaksud. Sebelumnya, pilih terlebih dahulu, manakah tempat penyimpanan data tersebut. Kemudian tekan Ok untuk menyimpannya.
  • Terakhir, anda hanya perlu menunggu hingga proses restore berakhir. Sekali lagi diingatkan, bahwa lama tidaknya proses berjalan akan ditentukan dari besar tidaknya ukuran file tersebut. Setelah selesai, maka file akan kembali di tempat yang telah dipilih.
  • Jika mengalami kegagalan, cobalah melakukan pengecekan. Karena mungkin saja terjadi kesalahan atau terdapat beberapa langkah yang terlewat.

Cara mana yang dipilih untuk membantu mengembalikan file, dapat disesuaikan dengan kemampuan. Namun disarankan untuk menggunakan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop tanpa software. Sehingga, dapat menjalankannya dengan lebih mudah dan menyelesaikannya dengan cepat.

Referensi Artikel

Artikel Terkait

Apa itu TimeLope? TimeLope atau TimeLope.com adalah sebuah website yang membahas dan berbagi informasi tentang dunia teknologi dan digital.

Situs teknologi Indonesia ini akan membahas lengkap tentang perkembangan dari dunia tekno, internet, smartphone, gadget dan tentu akan memberikan artikel-artikel tutorial yang berkaitan tentang hal diatas tersebut.

Kami dari Tim TimeLope akan berusaha untuk memberikan artikel yang bermanfaat untuk pengunjungnya.

Jadi, kami mengharapkan saran dan kritik dari Anda, tentunya kami berharap kritik serta saran yang membangun dan semoga informasi yang kami berikan akan terus bermanfaat untuk Anda semua.

Jika ingin menghubungi kami, silahkan email kami di halo[at]timelope.com.

Copyright © 2019 TimeLope. All Rights Reserved.