Cara Mematikan Windows 10 Update

Jika kamu sedang mencari tutorial disable Windows 10 Update secara otomatis, artikel ini cocok untuk kamu. Artikel ini akan membahas beberapa cara mematikan Windows 10 Update secara permanen ataupun sementara.

Berikut adalah cara mematikan Windows 10 update secara mudah dan praktis versi TIMELOPE:

  1. Matikan Windows Update Otomatis Untuk Sementara.
  2. Disable Windows 10 Update Services.
  3. Matikan Windows 10 Update Dengan Registry.
  4. Gunakan Limit Network Connection.
  5. Ubah Setting Group Policy Untuk Mematikan Windows 10 Update.

Cara Disable Windows 10 Update Otomatis

Disable Windows 10 UpdateWindows 10 sudah semakin populer sebagai salah satu sistem operasi yang digunakan oleh user Windows saat ini. Banyak update yang diberikan oleh Microsoft kepada Windows 10 user. Namun, banyak user yang tidak ingin meng-update Windows 10 mereka.

Jika kamu adalah salah satu dari pengguna Windows 10 yang tidak ingin update Windows 10 dengan beberapa update atau versi baru, maka artikel ini adalah artikel yang kamu cari. Artikel ini akan membahas beberapa cara mematikan Windows 10 Update.

1. Matikan Windows 10 Updates Sementara

Sebelum masuk ke bagian bagaimana cara mematikan Windows 10 Update secara permanen, lebih baik kita bahas bagaimana cara disable Windows 10 Update untuk sementara selama maksimal 35 hari. Berikut tutorial nya:

  1. Buka Settings dengan cara tekan tombol Logo Windows di keyboard dan klik pada lambang gear Settings atau ketikkan Settings pada kolom pencarian Start Windows.

    Buka Settings Windows 10
  2. Klik pada bagian Update & Security.

    Pilih Update Security
  3. Lalu klik pada bagian Windows Update dan buka Advanced Options.

    Buka Pengaturan Windows Update Settings
  4. Dalam pengaturan Advanced Options cari bagian Pause Updates lalu ubah tanggal pause Windows 10 Update. Kamu bisa menonaktifkan Windows 10 Update untuk sementara sampai dengan 35 hari ke depan.

    Pause Windows 10 Update Selama 35 Hari

Itulah cara bagaimana menonaktifkan Windows Update sementara. Namun, jika kamu mencari cara menonaktifkan Windows 10 Update secara permanen maka silahkan coba solusi selanjutnya dibawah ini.

Kebanyakan orang tidak pernah membersihkan file junk di Windows mereka. Jika kamu ingin tahu bagaimana cara membersihkan file junk di laptop, silahkan baca artikel: Bagaimana Cara Membersihkan Cache di Windows dan Menggunakan CCleaner untuk Membersihkan File Junk Laptop.

2. Matikan Semua Windows 10 Update Services Secara Permanen

Cara yang kedua untuk mematikan semua Windows 10 update melalui fitur Services adalah sebagai berikut:

  1. Tekan kombinasi tombol keyboard Logo Windows + R untuk membuka perintah Run di Windows 10.
  2. Ketikkan services.msc dan tekan Enter.

    Ketikkan Perintah Services msc di Run Command
  3. Scroll dan cari Windows Update pada list Services dan double klik jika kamu sudah menemukan tulisan tersebut.

    Pengaturan Windows Update di Services Windows 10
  4. Jika kotak pengaturan Windows Update Properties sudah terbuka pada tab General. Pada bagian Startup Type pilih Disabled. Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan matikan Windows Update tersebut.

    Windows Update Properties
  5. Selesai dan Windows 10 tidak akan diperbarui jika ada pembaruan fitur atau versi tersedia.

Jika Windows kamu sedang bermasalah, kamu bisa mengakses Safe Mode untuk memperbaiki masalah di Windows kamu. Baca artikel Bagaimana Cara Mengakses Safe Mode di Windows 10 untuk bisa masuk ke fitur Safe Mode Windows.

3. Disable Windows 10 Update Dengan Registry

Cara mematikan Windows 10 Update selanjutnya adalah dengan memanipulasi perintah Registry. Berikut cara disable Windows Update dengan Registry Editor:

  1. Tekan kombinasi tombol keyboard Logo Windows + R untuk membuka kotak Run.
  2. Ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka pengaturan Registry Editor di Windows 10.
  3. Jika Registry Editor sudah terbuka, cari path HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows.
  4. Klik kanan pada folder Windows lalu pilih New dan kemudian klik Key dan beri nama WindowsUpdate untuk folder key baru tersebut.

    Registry Editor Windows 10
  5. Klik kanan pada folder key WindowsUpdate yang sudah dibuat tadi dan pilih New lalu klik Key untuk membuat folder key baru dengan nama AU.

    Folder Key Update untuk Automatic Update Windows 10
  6. Pilih folder key AU dan pada bagian kanan kotak silahkan klik kanan pada area kosong lalu pilih New dan klik DWORD (32-bit) Value lalu beri nama AUOptions.

    Buat Key DWORD 32 bit Value
  7. Klik kanan pada key AUOptions dan ubah nilai 0 menjadi 2. Nilai 2 merupakan nilai yang memberi perintah Windows untuk memberi tahu jika ada download atau install Windows 10 Update yang terbaru.

    Ubah Value AUOptions
  8. Selesai dan Windows 10 tidak akan ter-update secara otomatis.

Di tutorial diatas kita menggunakan angka 2. Namun, kamu bisa mengubah nilai lain seperti:
2 = Pemberitahuan jika ada update untuk mendownload dan install.
3 = Update akan didownload otomatis namun akan diberitahu jika update akan diinstall.
4 = Update akan didownload namun kita bisa menjadwal proses install update.
5 = Mengizinkan Admin untuk mengontol semua pengaturan.

4. Gunakan Limit Internet pada Meter Network Connection

Tutorial selanjutnya adalah cara disable Windows 10 Update dengan cara mambatasi bandwidth atau koneksi internet untuk keperluan pembaharuan Windows. Namun cara ini tidak akan bekerja dan berhasil pada Ethernet Network, hanya berlaku untuk koneksi Wi-Fi.

Jika kamu rasa cara ini cocok, silahkan coba cara berikut untuk mematikan update Windows 10 secara otomatis di jaringan Wi-Fi. Berikut step-by-step untuk mematikan Windows Updates:

  1. Pada bagian taskbar bawah Windows, pilih ikon Network untuk membuka setting jaringan Wi-Fi.
  2. Pilih jaringan Wi-Fi yang sedang terkoneksi ke internet dengan laptop.
  3. Pilih Properties untuk membuka pengaturan jaringan internet khusus Wi-Fi tersebut.

    Pilih Jaringan Wi Fi
  4. Setelah pengaturan terbuka lalu pada bagian Metered Connection ubah settingan Set as metered connection dari Off menjadi On.

    Metered Connection Windows 10
  5. Lalu close pengaturan tersebut dan jaringan Wi-Fi yang sedang terkoneksi dengan laptop kamu akan membatasi pemakaian kuota internet yang berlebih, terkhusus untuk pembaruan Windows Update yang menggunakan kuota internet yang besar.

Pembaharuan Windows akan memakan storage laptop kamu. Apa yang disimpan oleh Windows Update? Cache dan versi lama Windows akan tersimpan sehingga memakan storage HDD atau SSD laptop. Jika kamu ingin membersihkan dan menghapus file tersebut, silahkan baca artikel: Bagaimana cara menghapus cache dari Windows Update?

Tutorial diatas adalah beberapa cara terbaik untuk mematikan Windows 10 Update baik itu bersifat permanen maupun sementara. Silahkan pilih cara yang cocok untuk kebutuhan kamu.

Share artikel ini?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Terima kasih sudah mengunjungi portal teknologi Indonesia ini. Dan jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini.

– Salam, TIMELOPE.