Cara Masuk & Keluar Safe Mode Windows 10

Artikel ini akan memberikan informasi tentang safe mode dan bagaimana cara masuk ke safe mode Windows 10 dengan benar. Tutorial akan dijelaskan dengan 3 cara, silahkan pilih tutorial akses safe mode sesuai dengan kebutuhan kamu.

Safe Mode di Windows 10

Fitur dan Cara Masuk ke Safe Mode Windows 10 – Sering mendengar safe mode kan? Ya, ini merupakan sebuah fitur yang ada di sistem operasi, khususnya Windows. Baca selengkapnya tentang pengertian safe mode disini. Sering kali kita bermasalah dengan sistem operasi dan segala masalah diagnostik sistem operasi dapat diakses dari safe mode atau mode aman.

Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah bagaimana cara masuk ke safe mode Windows 10 yang kebanyakan orang masih belum mengetahui nya. Jika kamu ingin tahu cara-cara masuk safe mode di Windows 10, silahkan baca artikel ini sampai tuntas.

Definisi Safe Mode di Windows

Sebelum masuk ke bagaimana cara akses safe mode di Windows 10, lebih baik mengetahui apa itu safe mode. Safe mode adalah sebuah mode yang ada di sistem operasi Windows yang berfungsi untuk penanganan masalah jika terjadi pada Windows. Dalam mode ini, Windows akan berjalan dalam kondisi yang minimal tanpa tersedia driver dan software pihak ketiga.

User akan bisa melihat kendala dan memperbaiki kendala tersebut melalui menu safe mode. Maka dari itu banyak masalah di Windows yang bisa diperbaiki dari safe mode. Jika masih penasaran, silahkan baca artikel ini (English) dan artikel ini (Bahasa Indonesia) untuk mengetahui safe mode lebih lanjut.

Apa Fungsi Safe Mode di Windows?

Ada beberapa fungsi safe mode di Windows, yaitu:

  • Mematikan dan menonaktifkan driver yang terinstall dari pihak ketiga, misalnya driver display atau driver network.
  • Mematikan dan menonaktifkan network, sehingga Windows akan masuk ke safe mode tanpa fitur jaringan dan tidak akan terkoneksi dengan internet.
  • Bisa Uninstall software penyebab masalah dan tidak bisa diakses melalui Windows normal mode.
  • Menonaktifkan software atau program tertentu, sehingga user bisa menemukan masalah dan mengetahui software mana yang menyebabkan masalah di normal mode.
  • Menjalankan fungsi System Restore dengan syarat fungsi ini sudah dibuat sebelumnya atau sudah di BackUp sebelumnya.
  • Menjalankan dan mengubah pengaturan Registry Windows.
  • Menjalankan Windows dengan mode VGA atau tanpa tambahan grafik lainnya.

Kecepatan booting Windows 10 bisa dioptimalkan ke tingkat yang maksimal. Ada beberapa cara untuk mendapatkan kecepatan booting optimal untuk Windows 10. Berikut beberapa Cara Mempercepat Booting Windows 10 yang harus kamu ketahui.

Fitur dalam Safe Mode Windows 10

Ada beberapa fitur yang bisa digunakan ketika masuk ke safe mode Windows 10 yaitu:

  • Reset Windows.
    Fitur ini bisa kamu gunakan untuk me-reset atau mengembalikan Windows seperti pertama kali install. Semua software dan driver yang diinstall oleh user akan hilang.
  • System Restore.
    Fitur ini merupakan fitur yang bisa user gunakan untuk mengembalikan Windows dalam keadaan tertentu. Tentu saja untuk menggunakan fitur ini, user harus membackup semua system dan system restore akan mengembalikan pengaturan Windows tetat pada tanggal user melakukan backup system.
  • Go to Previous Version.
    Untuk fitur ini, user bisa kembali ke Windows versi sebelumnya.
  • System Image Recovery.
    Fitur ini bermanfaat untuk user mengembalikan Windows yang sudah dibuat dalam file image. Fungsinya hampir sama dengan System Restore.
  • Startup Repair.
    Startup Repair digunakan ketika Windows stuck di loading screen Windows atau pada masalah yang terjadi sebelum masuk ke login Windows.
  • Command Prompt.
    Fitur ini merupakan fitur untuk mengaktifkan command prompt dalam safe mode.
  • Startup Setting.
    Ini merupakan pengaturan ketika proses booting Windows. Nah, safe mode berada dalam pengaturan ini. Jadi semua konfigurasi safe mode berawal dari menu pengaturan ini.

Ada saatnya file atau dokumen penting itu harus dijaga dan dirahasiakan dari orang lain. Untuk mencegah orang lain mengakses file penting tersebut, pelajari bagaimana Cara Mengunci Folder di Windows dan proteksi file penting tersebut.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Kembali ke inti artikel. Untuk masuk ke safe mode Windows 10, user bisa melakukan dengan 3 cara berbeda. Safe mode bisa diaktifkan dari Settings, dari Login Screen dan user juga bisa masuk ke safe mode walaupun sedang blank screen atau black screen.

Berikut langkah-langkah masuk ke safe mode Windows 10 dari ketiga cara tersebut:

1. Cara Masuk Safe Mode melalui Settings Windows 10

Cara masuk ke safe mode melalui menu settings adalah:

  1. Tekan kombinasi tombol Start + I dan akan muncul Settings untuk Windows 10. Jika kombinasi tombol ini tidak berhasil, pilih Start lalu pilih Settings.
  2. Selanjutnya pilih Update & Security dan pilih Recovery di menu sebelah kiri.
  3. Setelah menu Recovery muncul, akan ada pilihan Advanced Startup dan pilih pilihan ini.
  4. Laptop atau PC kamu akan ter-restart secara otomatis. Setelah restart, maka akan muncul tampilan Advanced Startup. Selanjutnya pilih Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart (Lihat Gambar).
  5. Selanjutnya PC atau Laptop akan restart lagi dan akan muncul pilihan. Silahkan tekan tombol 4 atau F4 untuk masuk ke safe mode Windows 10 atau jika kamu membutuhkan koneksi internet dalam safe mode silahkan tekan tombol 5 atau F5.
  6. PC akan masuk ke safe mode dan selesai.

2. Cara Masuk Safe Mode melalui Login Screen

Cara kedua yaitu melalui login screen. Berikut langkah-langkah bagaimana cara masuk safe mode Windows 10 melalui login screen:

  1. Hidupkan PC atau Laptop untuk bisa menampilkan login screen. Jika laptop atau PC dalam keadaan menyala silahkan kembali ke menu login atau log out Windows dengan cara tekan menu Start dan pilih Username Windows kamu lalu klik Sign Out atau Lock.
  2. Jika sudah di login screen, selanjutnya tahan tombol Shift lalu arahkan mouse ke pilihan Power dan pilih Restart.
  3. PC dan Laptop akan restart dan pilih Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart (Lihat Gambar).
  4. Setelah itu laptop atau PC akan restart kembali dan pilih tombol 4 atau F4 (safe mode) / tombol 5 atau F5 (safe mode _ network) / tombol 6 atau F6 (safe mode + command prompt) sesuai dengan kebutuhan user.
  5. Lalu tunggu hingga masuk ke safe mode Windows.

3. Akses Safe Mode dari Blank Screen atau Black Screen

Cara yang ketiga adalah akses safe mode jika kamu sedang bermasalah atau sedang menghadapi black screen/blank screen. Ini cara yang tepat untuk masuk safe mode jika sedang black screen atau blank screen:

  1. Cara ini agak sedikit rumit. User harus menghidupkan dan mematikan komputer secara berulang sampai beberapa kali. Hal ini agar user bisa masuk ke Windows Recovery Environtment (winRE).
  2. Kemudian tekan tombol power dan tahan hingga 10 detik untuk mematikan komputer.
  3. Selanjutnya hidupkan komputer dengan menekan tombol power kembali. Jika sudah ada tanda komputer sedang booting (biasanya akan muncul brand laptop user), maka tekan dan tahan tombol power selama 10 detik untuk mematikan komputer lagi.
  4. Lalu hidupkan komputer lagi dengan tombol power.
  5. Ketika Windows sudah restart maka tekan lagi dan tahan tombol power selama 10 detik untuk mematikan komputer (lagi dan lagi).
  6. Tekan tombol power sekali lagi untuk menghidupkan komputer.
  7. Biarkan komputer dalam keadaan restart dan jangan matikan lagi. User akan masuk ke fitur winRE. Hal ini dilakukan karena user sedang berhadapan dengan blank screen atau black screen.
  8. Setelah itu akan muncul tampilan Choose the Option lalu pilih Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart (Lihat Gambar).
  9. Dan PC atau Laptop akan restart dan masuk ke safe mode dengan menekan tombol 4 atau F4 (safe mode) / tombol 5 atau F5 (safe mode + network) / tombol 6 atau F6 (safe mode + command prompt).

Kinerja komputer bisa ditingkatkan, salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja komputer adalah dengan cara menghapus semua file yang sudah tidak dibutuhkan dari sistem komputer. Baca Panduan Cara Menghapus Cache di PC dan Cara Hapus Cache Windows Update.

Cara Keluar dari Safe Mode Windows 10

Jika sudah selesai dengan safe mode maka user bisa keluar dari safe mode dengan cara restart PC/laptop atau dengan cara berikut:

  1. Tekan tombol Windows Logo + R untuk masuk ke menu Run.
  2. Ketikkan msconfig dan tekan OK.
  3. Setelah masuk ke pengaturan msconfig lalu pilih tab Boot.
  4. Didalam menu Boot, hilangkan centang pada pilihan Safe boot.
  5. Restart dan komputer akan masuk ke dalam normal mode Windows.

System Restore merupakan salah satu fitur yang harus diaktifkan di Windows 10. Fitur ini akan bekerja untuk membuat salinan sistem konfigurasi dan mengembalikannya pada saat sistem membutuhkan perbaikan dari salinan sistem konfigurasi Windows tersebut. Pelajari bagaimana Cara Membuat Sistem Restore Point di Windows 10.

Step by Step Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Step by Step Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10 1

Share artikel ini?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Terima kasih sudah mengunjungi portal teknologi Indonesia ini. Dan jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini.

– Salam, TIMELOPE.