3 Cara Mengunci Folder di Laptop Windows

3 Cara Mengunci Folder di Laptop Windows

Punya files penting dalam laptop? Tidak tahu cara menyembunyikan files tersebut? Ikuti beberapa cara yang mudah dan cepat untuk mengunci folder dan files di Windows ini.

Cara Terbaik Kunci Folder di Laptop Windows

Setiap orang pasti mempunyai files dan dokumen di laptop yang tidak boleh dibuka dan tersebar ke orang lain. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara melindungi data atau cara mengunci folder di laptop Windows supaya tidak dapat diakses oleh orang lain demi keamanan data penting kamu.

Untuk kamu yang menggunakan sistem operasi Windows, saya sudah menyiapkan beberapa cara yang tepat untuk mengunci folder laptop. Cara dibawah ini bisa kamu lakukan tanpa menggunakan aplikasi/software tambahan atau kamu juga bisa menginstall software kunci folder.

Berikut cara mengunci folder di laptop Windows baik itu menggunakan software ataupun tanpa software versi TIMELOPE:

  1. Mengunci Folder dengan Password
  2. Mengunci Folder dengan Enkripsi
  3. Mengunci Folder dengan Software
  4. Manfaat Mengunci Folder Penting
  5. Cara Terbaik untuk Mengunci Folder di Laptop

3 Cara Kunci Folder Windows

Langsung saja, ada 3 cara mudah untuk bisa mengunci folder tertentu di laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Silahkan pilih salah satu cara dibawah ini:

1. Lock Folder dengan Password

Cara pertama yang akan saya jelaskan adalah bagaimana cara mengunci folder dengan menggunakan password dan tanpa membutuhkan software tambahan. Cara berikut ini saya sarankan untuk kamu yang tidak ingin menginstall software tambahan dan hanya dengan menulis perintah untuk membuat file batch.

Yang perlu kamu lakukan adalah copy + paste code batch yang sudah saya siapkan pada artikel tutorial. Untuk membaca cara mengunci folder Windows dengan password, silahkan klik link gambar dibawah ini.

Kunci Folder Password

2. Kunci Folder Laptop dengan Enkripsi

Cara kedua untuk kunci folder di laptop Windows yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memanfaatkan fitur Encrypt atau enkripsi. Enkripsi adalah proses perlindungan data dan informasi dengan cara melindungi informasi tersebut tanpa menggunakan software tambahan dan memerlukan cara khusus untuk membukanya. Baca selengkapnya tentang Enkripsi dari penjelasan ini.

Cara kunci folder dengan enkripsi sangat tepat kamu gunakan jika tidak ingin menginstall aplikasi tambahan seperti Folder Locker di laptop kamu. Namun, kamu juga harus memastikan bahwa OS Windows yang terinstall sudah diberi password ketika login. Password yang digunakan untuk enkripsi folder juga sama dengan password login Windows.

Jadi, kekurangan cara ini adalah user tidak dapat menentukan password lain selain password login Windows untuk digunakan ketika kunci folder. Saat ini saya baru mencoba cara ini di Windows 10, belum pernah saya coba di Windows 7, Windows 8 dan Windows XP. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba di Windows versi tersebut.

Tutorial dan cara mengunci folder Windows dengan ekripsi sudah saya tulis di artikel terpisah supaya lebih mudah dibaca dan dipahami. Untuk membaca tutorial kunci folder laptop Windows dengan enkripsi, silahkan baca dan klik gambar dibawah ini.

Kunci Folder Enkripsi

3. Aplikasi & Software Kunci Folder di Windows

Selain cara kunci folder laptop Windows tanpa menggunakan software dan aplikasi, ada juga cara mudah untuk mengunci folder dengan bantuan software tambahan. Cara ini sangat tepat untuk kamu yang tidak mau ribet.

Berikut rekomendasi software lock folder di Windows yang bisa kamu install di laptop kamu:

  1. 7Zip – Baca cara mengunci folder dengan 7Zip di artikel ini.
  2. My Secret Folder – Baca cara mengunci folder dengan Secret Folder di artikel ini.
Software Kunci Folder

Manfaat Mengunci Folder pada Laptop

Saat membicarakan tentang folder yang dikunci, mungkin anda mempertanyakan, apakah keuntungan dari melakukan hal ini. Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut ini,

  1. Menghindari Pencurian.
    Folder yang biasanya dilock adalah folder yang memiliki data-data penting. Oleh karenanya, si pemilik mencari cara mengunci folder dengan password untuk menyimpannya. Bukan hanya untuk menyimpannya dengan aman. Hal ini akan membantu untuk mencegah terjadi pencurian data oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Menyimpan Data Tertentu.
    Dalam beberapa kesempatan, data-data seperti buku tabungan, kartu keluarga hingga data lainnya disimpan di laptop. Tujuannya, agar tidak kesulitan untuk mencari data saat dibutuhkan. Untuk menjaga semua data tersebut, maka dibutuhkan cara mengunci folder di windows 10 dan windows lainnya. Sehingga data tetap terjaga dan tidak menjadi bahan kejahatan.
  3. Tidak Dijangkau Orang Lain.
    Data-data penting dan tertutup, adalah data yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Karenanya, cara mengunci folder di windows 7 dibutuhkan. Jika anda sependapat, gunakanlah cara yang telah disampaikan di atas untuk membantu. Bila dirasa kurang, pilihlah salah satunya dan terapkan dahulu. Setelahnya, buktikan apakah cara ini berhasil atau sebaliknya.
  4. Mencegah Tindakan Preventif Lainnya.
    Terakhir, cara ini dimanfaatkan sebagai tindakan pencegahan. Sehingga tidak ada pencurian data maupun penggunaan data secara tidak bertanggung jawab. Karenanya dalam beberapa tahun ke belakang, semakin banyak pengguna laptop yang melakukan penguncian pada foldernya. Sehingga lebih nyaman dalam memanfaatkan data.

Cara Terbaik untuk Kunci Folder Penting

Terapkanlah salah satu cara di atas untuk mengunci folder. Sehingga tidak ada data yang dicuri atau dimanfaatkan secara sembarangan. Jika masih kesulitan, jangan enggan untuk menanyakan cara mengunci folder di laptop dengan orang yang lebih ahli.

Tapi manakah cara terbaik yang bisa dicoba untuk mengunci folder di Windows. Dibawah ini sudah saya rangkum apa cara yang terbaik dan tepat untuk kamu dari tiga cara mengunci folder di laptop Windows diatas:

  1. Password.
    Cara pertama ini cocok untuk kamu yang tidak ingin menginstall software atau aplikasi tambahan untuk bisa mengunci folder di laptop. Cara ini agak sedikit ribet karena harus mengubah kode batch dengan password yang kamu inginkan. Namun, password untuk setiap folder yang kamu kunci bisa diberikan password yang berbeda-beda.
  2. Enkripsi.
    Cara kedua ini memanfaatkan fitur Encrypt yang sudah ada di Windows. Namun karena keterbatasan, saya hanya mencoba cara ini di Windows 10, belum di versi Windows sebelumnya. Nah, cara ini sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet dengan kode dan tidak ingin menginstall software tambahan. Namun, kekurangannya adalah password yang digunakan untuk mengunci folder harus sama dengan password login Windows kamu.
  3. Software.
    Cara terakhir merupakan cara yang cocok untuk kamu jika tidak mau ribet dengan kode dan pusing dengan pengaturan enkripsi. Cara berikut ini mudah untuk kamu yang ingin mengatur semua detail privasi dalam satu tempat. Namun ya itu, kamu harus mendownload dan menginstall software tambahan untuk bisa mengunci folder di Windows kamu.

Kesimpulan

Untuk menjaga data penting di laptop, tentu saja kita akan melakukan apa saja. Apalagi itu files yang sangat berharga dan tidak boleh ada satu orang pun yang boleh mengetahui nya.

Dari memberikan password pada folder penting, enkripsi folder dan mengunci folder dengan software, mana cara yang terbaik? Itu terserah kamu. Silahkan pilih salah satu cara mengunci folder Windows yang tepat dan cocok untuk kamu.

[no_toc]

Terima kasih sudah mengunjungi situs ini. Dan jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini untuk teman-teman kamu.

– Salam, TIMELOPE.

Referensi Artikel
Iqbal Taher

Iqbal Taher

Seorang penulis sejak 2009 dan lebih menguasai bidang teknologi yang sedang berkembang saat ini. Iqbal juga seorang yang suka traveling. Follow Iqbal di Facebook.
Komentar

Copyright © 2019 TimeLope - Tidak semua hak cipta dilindungi.