Cara Kalibrasi Baterai Laptop, Buat Baterai Laptop dalam Kondisi Prima

Deskripsi Artikel:

Baterai dalam laptop adalah bagian penting yang harus mendapatkan perhatian lebih. Tanpa adanya baterai, laptop akan kesulitan berfungsi dengan maksimal. Karenanya, saat baterai mengalami masalah, laptop akan kehilangan 50% kinerja. Untuk menyiasati hal ini, anda dapat menjalankan cara kalibrasi baterai laptop. Tapi, apakah makna dari kalibrasi baterai laptop?

Untuk anda yang tidak memahami kalibrasi baterai, mungkin bertanya-tanya tentang maknanya. Untuk itu, akan dijelaskan tentang kalibrasi baterai terlebih dahulu. Kalibrasi baterai adalah upaya mengatur kebenaran nilai suatu alat ukur dengan membandingkan dengan alat standar. Jadi, setelah cara kalibrasi ini dilakukan, jumlah baterai laptop yang tersedia dapat dilihat dengan jelas. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Cara Kalibrasi Baterai Laptop

Inilah beberapa cara kalibrasi pada baterai laptop yang dapat dilakukan. Caranya dapat dipilih sesuai kemampuan anda menggunakan laptop. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Lewat BIOS

Cara yang paling lumrah untuk kalibrasi baterai laptop adalah melalui BIOS. Sayangnya, cara ini tidak banyak dipahami oleh orang awam. Untuk itu, penting memahami langkah-langkah dibawah ini,

  • Pertama, anda harus memeriksa apakah laptop menyediakan fitur ini atau tidak. Caranya, dengan klik pada gambar baterai. Nantinya jika terdapat beberapa menu, seperti available, plugged in dan not charging. Maka, fitur ini tersedia.
  • Berikutnya, aktifkanlah menu BIOS dengan menekan tombol F2. Kemudian, carilah menu battery life cycle extention. Kemudian tekan settingan enable.
  • Kemudian, lanjutkan dengan menekan tombol ESC. Tombol ini berfungsi untuk keluar dari halaman. Kemudian save dan lakukan restart pada laptop.
  • Sebelumnya, cek terlebih dahulu apakah kabel adaptor sudah tercabut dari laptop. Berikutnya, kembali masuklah dalam fitur BIOS. Kemudian masuk dalam menu setting battery dan klik pada menu smart battery calibration.
  • Pada menu ini, akan muncul daya baterai dari angka 0 hingga 100. Jika tanda ini sudah muncul, cabut kembali colokan adaptor dan tekan enter. Setelahnya, tunggu hingga laptop mati dengan daya sendiri. Saat proses ini berjalan, sebaiknya tinggalkan sesaat. Karena akan membutuhkan waktu yang lama.
  • Setelah laptop benar-benar mati, kembali colokan adaptor untuk mengisi daya hingga penuh. Setelah semua proses ini dijalankan, nantinya baterai laptop akan awet seperti sediakala.
  • Untuk membuktikannya, cobalah gunakan laptop seperti biasa. Dan periksa berapa lama ketahanan dari baterai tersebut.

Kalibrasi Baterai dengan Manual

Sebenarnya, sebelum menggunakan cara di atas, anda dapat menggunakan cara manual. Cara manual dapat dijalankan dengan mudah dan cenderung lebih aman. Cara ini juga dapat digunakan oleh semua jenis laptop. Berikut langkah-langkah yang harus dijalankan,

  • Pertama, anda harus menghabiskan baterai laptop hingga tersisa 5%. Gunakan seperti biasa dan jangan berlebihan.
  • Setelah baterai tersisa hingga 5%, lakukanlah proses hibernate pada laptop. Tunggulah hingga indikator laptop tersisi pada 0% dan nantikan laptop mati secara total. Biasanya, setiap proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
  • Lakukanlah langkah-langkah di atas dengan benar, karena jika terdapat kesalahan proses kalibrasi laptop tidak dapat berjalan dengan maksimal. Setelah laptop mati, lakukanlah kembali pengisian daya.
  • Pengisian daya, harus dilakukan hingga baterai penuh. Namun selama pengisian daya dilakukan, anda harus membiarkan baterai tersebut terisi penuh dengan keadaan laptop yang tetap mati.
  • Setelah penuh, baterai laptop telah terkalibrasi dengan sempurna. Nantinya cobalah memperhatikan apakah daya tahan baterai jadi lebih baik dari sebelumnya. Jika cara kalibrasi baterai laptop ini tidak berjalan, cobalah melakukan cara yang berikutnya.

Kalibrasi Baterai Power Plan

Selain cara di atas, anda dapat menggunakan cara power plan untuk membantu kalibrasi baterai laptop. Namun, cara ini tidak dapat digunakan sebagai cara kalibrasi baterai android. Karena memiliki peraturan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini,

  • Pertama, bukalah battery option. Caranya klik kanan pada ikon baterai dan pilihlah battery option. Nantinya akan muncul halaman baru dan anda harus memilih create a power plan. Buatlah kolom nama, sesuai dengan nama yang diinginkan.
  • Kemudian, tekan tombol next. Anda akan melihat beberapa menu baru, pada menu tersebut, buatlah semua pilihan menjadi never. Setidaknya terdapat empat menu yang harus diiubah. Jika sudah semua, kemudian klik create untuk langkah selanjutnya.
  • Kemudian gunakan pengaturan daya yang telah dipilih, dengan mengetuk nama. Kemudian, tutup battery option dan mulailah melakukan pengisian daya. Lakukan hingga daya penuh dan jangan nyalakan laptop.
  • Setelah penuh, lepaskan charger dari laptop. Lalu biarkan laptop menyala dalam beberapa lama, hingga baterai yang tersedia kembali habis. Lalu, kembali lakukan pengisian daya hingga baterai penuh.
  • Hasil yang diberikan dari cara ini adalah adanya indikator baterai yang lebih akurat. Nantinya tidak ada tampilan baterai yang berbeda-beda seperti sebelumnya. Tapi, perlu diketahui bahwa cara ini tidak akan merubah daya tahan baterai laptop yang digunakan.

Manfaatkan Battery Care

Terakhir, inilah cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan baterai laptop yang lebih baik. Ukuran software ini cukup kecil, jadi dapat digunakan untuk anda yang hanya memiliki ruang penyimpanan minim. Namun sebelumnya, usahakan untuk memiliki software ini terlebih dahulu

  • Setelah software siap, pastikan baterai laptop ada dalam kondisi penuh. Berikutnya, tetap lakukan pengisian daya walaupun laptop sudah terisi penuh. Tujuannya, untuk melakukan pendinginan pada sel ion di baterai.
  • Setelahnya, cabut charger dari laptop. Kemudian perhatikan icon batterai dan tekan klik power option. Kemudian, pilihlah default balanced dan klik plan setting. Nantinya, pilih kembali change advanced power setting.
  • Kemudian, bukalah jendela baterai. Di bagian critical battery anda harus memilih menu hibernate. Kemudian, pililah low battery level dan pilih mnejadi 5%. Jika baterai masih memiliki baterai, unakanlah hingga baterai tersisa 6%.
  • Setelah baterai ini habis, biarkan proses hibernasi berjalan. Namun, anda tidak boleh menyalakan laptop selama 6 jam setelahnya. Saat-saat inilah, anda harus melakukan pengisian daya hingga baterai penuh.
  • Setelah selesai, maka cara memperbaiki baterai laptop telah selesai dilakukan. Untuk membuktikan apakah kinerja ini berjalan dengan baik perhatikan daya tahan baterai selama penggunaan. Jika lebih baik, maka proses ini telah berhasil.
  • Penggunaan cara ini, juga memberikan manfaat lain, yaitu menurunkan wear level. Jika anda kesulitan, mintalah bantuan ahli untuk melakukannya. Karena mungkin saja perlu dilakukan penggantian suku cadang karena sudah tidak layak pakai.

Masalah yang terjadi pada baterai laptop, memanglah sangat beragam. Namun, agar baterai tetap dapat bertahan dalam waktu lama, anda dapat memanfaatkan cara kalibrasi baterai laptop ini sebagai solusinya. Karenanya, pilihlah salah satu cara di atas untuk dilakukan. Namun jika tidak dapat diselesaikan, mungkin perlu dilakukan penggantian suku cadang pada laptop yang dimiliki.

Referensi Artikel

Artikel Terkait

Apa itu TimeLope? TimeLope atau TimeLope.com adalah sebuah website yang membahas dan berbagi informasi tentang dunia teknologi dan digital.

Situs teknologi Indonesia ini akan membahas lengkap tentang perkembangan dari dunia tekno, internet, smartphone, gadget dan tentu akan memberikan artikel-artikel tutorial yang berkaitan tentang hal diatas tersebut.

Kami dari Tim TimeLope akan berusaha untuk memberikan artikel yang bermanfaat untuk pengunjungnya.

Jadi, kami mengharapkan saran dan kritik dari Anda, tentunya kami berharap kritik serta saran yang membangun dan semoga informasi yang kami berikan akan terus bermanfaat untuk Anda semua.

Jika ingin menghubungi kami, silahkan email kami di halo[at]timelope.com.

Copyright © 2019 TimeLope. All Rights Reserved.