Cara Menghapus Cache di Windows

Cara Menghapus Cache di Windows

Bagaimana cara membersihkan cache di laptop? Mudah, ikuti beberapa langkah dalam artikel sebagai cara menghapus cache di laptop agar tidak lemot.

Cara Menghapus Cache di Laptop – Laptop kini tidak lagi menjadi barang yang mahal. Hampir setiap rumah kini memiliki laptop yang diperuntukkan sesuai kebutuhan, seperti pekerjaan atau menunjang pendidikan.

Walaupun sudah sangat familiar dengan berbagai kegunaan laptop, tidak banyak yang tahu cara menghapus cache di laptop. Padahal hal ini sangat penting untuk diketahui, supaya menjaga laptop tetap cepat dan merupakan sebuah cara agar laptop tidak lemot dan berat.

Setiap aplikasi dan software yang terdapat di laptop, memiliki sampah masing-masing. Karenanya, Anda harus melakukan penghapusan cache secara berkala. Tujuannya, agar laptop tidak terlalu berat dan dapat bekerja secara maksimal.

Merasa penting dengan hal ini? Untuk itu, di sini akan dijelaskan beberapa cara membersihkan cache di laptop dengan mudah. Bagaimana cara melakukannya? Simak beberapa cara membersihkan cache di laptop Windows Anda.

Apa saja yang perlu kamu ketahui tentang cache? Berikut topik pembahasan tentang cache dan cara hapus cache di laptop Windows OS menurut TimeLope.com:

  1. Definisi Cache
  2. Lokasi Penyimpanan Cache
  3. Cara Hapus Cache Windows
  4. Kesimpulan

Apa itu Cache?

Nah, apa itu yang dimaksud dengan cache? Sebelum terlalu jauh membahas tentang cara menghapus cache di laptop, ada baiknya Anda mengetahui apa itu cache?. Cache merupakan sekumpulan data yang tidak permanen dalam laptop dan dihasilkan oleh aplikasi-aplikasi yang Anda install di laptop Anda.

Windows membutuhkan cache, saat sewaktu-waktu dibutuhkan. Cache sendiri, tersembunyi dibanyak tempat yang ada di Windows. Jadi, untuk mengetahui tersedia tidaknya cache, lakukan pembersihan berkala.

Cache sebenarnya dibutuhkan untuk meningkatkan performa laptop agar tidak lemot. Karena Windows tidak harus membuat data awal dan hanya perlu mengambil dari cache.

Sayangnya, walau bekerja untuk performa laptop, cache membutuhkan banyak ruang penyimpanan data. Karenanya, dibutuhkan pembersihan cache secara berulang, sehingga laptop dapat bekerja maksimal. Bacaan lanjut untuk File Caching.

Dimana Letak Cache Windows?

Nah untuk pertanyaan ini, jawabannya cache di Windows ada di beberapa tempat tersembunyi. Maka dari itu sangat dianjurkan mengecek semua tempat tersebut supaya proses ‘clear cache‘ di laptop Anda berjalan baik dan membuat komputer Anda tetap cepat dan tidak lemot.

Berikut ini adalah beberapa tempat cache yang terdapat di Windows:

  1. Temporary Files – Cache instalasi aplikasi dan software
  2. Thumbnail Cache – Cache gambar dan video
  3. Windows Update Cache – Cache bekas update versi Windows
  4. Windows Store Cache – Cache penyimpanan aplikasi di store
  5. System Restore Cache – Cache penyimpanan data lama Windows
  6. DNS Cache – Cache rute alamat wesbite yang pernah Anda kunjungi
  7. Browser Cache – Cache data website yang pernah Anda kunjungi di browser

5 Cara Menghapus Cache di Laptop dan PC

TimeLope.com – Cara yang disampaikan dibawah ini merupakan cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan dan menghapus cache di laptop. Cara ini cocok untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Windows, baik itu Windows 7 atau Windows 10.

Penjelasan lebih lanjut dapat disimak dibawah ini:

CCleaner

Jika tidak puas dengan kinerja di atas, anda dapat menggunakan aplikasi CCleaner sebagai solusi. Namun untuk mendapatkan aplikasi ini, harus melakukan download sebelumnya.

Penulis TimeLope sudah membuat artikel khusus bagaimana cara membersihkan cache Windows dengan menggunakan CCleaner.

Kami sarankan supaya membaca bagaimana cara penggunaan CCleaner untuk membersihkan cache laptop. Baca artikel lengkap bagaimana cara menggunakan CCleaner untuk membersihkan cache Windows.

Windows Disk Cleanup

Tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan (default system application) dari sistem operasi Windows. Jadi tidak perlu melakukan instalasi sebelumnya.

Berikut adalah cara menghapus semua cache di laptop menggunakan Windows Disk Cleanup:

  1. Pertama siapkanlah laptop yang akan dihapus cachenya. Usahakan untuk menyiapkan sedari awal. Selanjutnya masuklah dalam menu Start.
  2. Setelah masuk dalam menu Start, lanjutkan dengan masuk pada menu Program. Nantinya akan terdapat banyak pilihan menu yang harus dipilih.
  3. Dari semua menu tersebut pilihlah menu Accesories dan pilih menu System Tool. Di menu inilah, nantinya anda akan menemukan menu disk cleanup. Setelah masuk dalam menu tersebut, akan ditemukan pilihan lainnya, yaitu beberapa disk yang ingin dibersihkan.
  4. Pilihlah salah satu disk yang ingin dihapuskan cachenya. Anda juga dapat menghapus semua cache pada disk dengan memberikan centang pada setiap disk. Kemudian tekan ok dan tunggu hingga proses pembersihan benar-benar usai.

Jika semua sudah dijalankan, periksa kembali apakah laptop sudah bekerja maksimal atau sebaliknya. Bila laptop yang digunakan kembali lamban, cobalah ulangi kembali setiap langkah-langkahnya.

Hapus Cache dengan Perintah CMD (%temp%)

Mungkin saat mendengar cara ini, anda mulai kebingungan dan merasa kesulitan saat melakukannya. Namun, cara ini cukup berhasil untuk menghapus cache dengan maksimal. Adapun langkah-langkah, dapat diikuti dibawah ini

  1. Langkah pertama adaah membuka jendela windows pada laptop. Kemudian lanjutkan dengan menekan Windows + R. Nantinya akan masuk pada fitur Run. Pada fitur ini masukkanlah perintah %temp% dan tekan enter.
  2. Setelah anda menekan Enter, nantinya akan diantarkan pada folder Temporary. Di folder inilah pembersihan pada setiap cache dapat dilakukan.
  3. Setelah masuk dalam folder tersebut, bukan berarti langkah yang harus dijalankan sudah usai. Karena anda harus masuk kembali ke windows dengan menekan Windows+R. Seperti sebelumnya, nanti akan muncul fitur Run.
  4. Kemudian, ketikkan perintah Temp dan tekan Enter. Anda akan masuk pada folder Temporary Windows. Disinilah, perintah menghapus file dan folder yang tidak penting dapat dihapus dengan maksimal.
  5. Saat melakukan langkah ini, sebaiknya anda menjalankannya dengan benar. Pastikan agar setiap langkah-langkahnya dijalankan dengan baik. Sehingga, usaha menghapus cache ini dapat berjalan dengan lancar.

Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 10

Untuk anda yang menggunakan laptop Windows 10 dapat memanfaatkan cara ini sebagai cara membersihkan cache di laptop agar windows 10 tidak lemot dan berat. Banyak sekali penginstalan aplikasi dapat menyimpan banyak cache di laptop Anda.

Nah, berikut ini TimeLope akan memberikan cara agar windows 10 Anda semakin cepat, berikut step-stepnya.

  1. Pertama, masuklah dalam menu storage. Untuk menemukannya, anda dapat mencarinya pada menu Setting.
  2. Setelahnya, anda harus masuk dalam menu storage sense. Saat sudah masuk dalam menu ini, geser slider dan masuk dalam mode On.
  3. Kemudian, klik menu change how we free up space. Setelahnya pilihlah disk-disk mana saja yang akan dihapus. Jika seluruhnya, pilih secara satu per satu dan hapuskan setiap chace yang ada di laptop.

Baca juga cara menghapus cache dari Windows 10 update.

Menghapus Cache di Chrome

Satu tempat lain yang memiliki cache adalah google chrome. Keberadaannya memang tidak terlalu menganggu, namun tetap memerlukan penghapusan cache berkala. Untuk melakukannya, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini,

  1. Pertama, siapkan komputer yang akan digunakan untuk menghapus cache. Setelahnya masuklah dalam Google Chrome.
  2. Setelah masuk dalam Google Chrome, nanti klik pada bagian kanan. Tepatnya pada simbol dengan titik tiga. Setelah masuk dalam simbol ini, anda akan masuk dalam pilihan berbagai menu.
  3. Menu yang harus dipilih adalah menu fitur lainnya. kemudian, pilih menu hapus data browsing. Lanjutkan dengan memilih rentang waktu data yang ingin dihapus. Jika akan menghapusnya semua, pilih rentang waktu semua.
  4. Maka nantinya, semua cache dan cookies akan terhapus, selama anda menggunakan chrome. Selain menghapus cookies, dapat pula dilakukan penghapusan pada data yang tidak dibutuhkan lainnya. Untuk melakukannya, centang seluruh kotaknya.
  5. Setelahnya, klik hapus data. Tunggu beberapa saat hingga akhirnya semua data cache tersebut akan hilang.
  6. Saat akan menghapus cache yang tersedia browser lain, anda dapat menyesuaikannya dengan kebijakan di browser tersebut. Jika terdapat kemiripan, mungkin dapat melakukan cara yang sama dengan cara ini.

Kesimpulan

Hapus Cache Laptop dan PC – Nah, karena ada banyaknya tempat penyimpanan cache di laptop Anda, maka saya sarankan untuk memakai cara #1 yaitu menghapus cache dengan CCleaner. Mengapa? Karena aplikasi ini dapat membersihkan cache secara keseluruhan.

Jadi, apakah anda sudah dapat melakukannya? Pilihlah salah satunya untuk membantu anda. Pekerjaan ini tidaklah terlalu sulit, waktu terlama untuk mengerjakannya hanyalah 10 hingga 15 menit. Saat sudah memahaminya, cara menghapus cache di laptop ini dapat diulangi, saat dibutuhkan.

[no_toc]

Terima kasih sudah mengunjungi situs ini. Dan jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini untuk teman-teman kamu.

– Salam, TIMELOPE.

Referensi Artikel
Iqbal Taher

Iqbal Taher

Seorang penulis sejak 2009 dan lebih menguasai bidang teknologi yang sedang berkembang saat ini. Iqbal juga seorang yang suka traveling. Follow Iqbal di Facebook.
Komentar

Copyright © 2019 TimeLope - Tidak semua hak cipta dilindungi.